Partisipasi Pemilih Menurun, Ini Kata Ketua KPU Lampung

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung Nanang Tranggono menyebutkan, untuk partisipasi pemilih Pilgub 2018 mengalami penurunan mencapai 72%, dibandingkan tahun 2014 yang mencapai 76%.

“Padahal kami sudah melakukan beberapa kali sosialisasi kepada masyarakat, termasuk sosialisasi melalui media masa cetak dan elektronik,” ujarnya, Minggu, (8/7).

Menurut Nanang, soal partisipasi tidak bisa diserahkan ke KPU saja, tapi harus ada peran dari pihak Paslon.”Karena yang punya kepentingan dari Paslon jadi kedepan paslon harus lebih kreatif lagi agar dapat menarik partisipasi pemilih,” paparnya.

Sementara itu, pihaknya memperdiksi pemilihan Caleg dan Pilpres akan alami kenaikan.”Kami punya target partisipasi mencapai 77,5% jadi harusnya naik dibandingkan 2014, tapi sebenarnya 70% sudah bagus,” kata dia.

Baca Juga:   BUMN Bantu Sulap Wisma Haji Rajabasa Jadi RS Darurat Covid-19

Ia mengklaim KPU yang ada di Lampung ada yang berhasil, karena ada yang mencapai 79 % yaitu di Tulang Bawang Barat, salah satu kabupaten partisipasinya paling banyak. Dia pun mengaku penyebab partisipasi menurun disebabkan banyak faktor-faktor.

“Padahal dari KPU programnya sudah sistematis, karena setiap minggu kami punya program gruduk pasar di 15 kabupaten/kota ada sosialisasi, kemudian ada sosialisasi tingkat pemilih pemula di 15 kabupaten/kota,” tandasnya. (ndi/ang)




  • Bagikan