Pasar Propau Kotabumi Terbakar, Belasan Pedagang Rugi Ratusan Juta

  • Bagikan
Belasan kios milik pedagang Pasar Propau Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampura, Rabu (30/10) sore, ludes terbakar. Foto Fahrozy Irsan Toni/Radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Belasan kios milik pedangang pasar Propau Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara (Lampura), ludes dilalap akibat api. Beruntung, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 17.45 WIB, Rabu (30/10), tidak menimbulkan korban jiwa.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Namun kuat dugaan api berasal dari arus pendek salah satu kios milik pedagang. Akibat peristiwa ini, belasan pedagang tersebut ditaksir mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Lukman (45), saksi mata mengatakan, api berasal dari salah satu kios dan langsung merambah cepat ke kios-kios yang ada di sekitarnya.

“Hanya dengan hitungan menit, api berhasil meratakan belasan kios penjual manisan yang ada di pasar tersebut,” kata bapak dua anak tersebut di lokasi kejadian.

Senada dikatakan M. Firdaus, warga setempat yang mengaku kali pertama melihat kobaran api dan asap hitam tebal dari lokasi kebakaran.

Melihat itu, lalu dirinya lantas berlari saeraya meminta pertolongan dengan warga setempat guna memadamkan api. Dengan alat secukupnya, dirinya berjibaku dengan warga dan pedagang yang masih berada di area pasar beruha memadamkan api dengan air yang berada didalam ember.

“Api sangat besar pak. Kami tidak mampu menyelamatkan barang-barang milik pedagang di kios atau lapak milik pedagang itu,” ujarnya.

Pantuan Radarlampung.co.id di lokasi hingga pukul 19.30 WIB, api berhasil dipadamkan setelah dua unit Damkar milik Pemkab Lampura diturunkan. Selain itu, terdapat watter cannon milik Brimob Polres Lampura, juga dikerahkan untuk memadamkan api tersebut.

“Dilokasi kebakaran, kita sudah memasang garis polisi. Selain itu, kita juga sudah meminta keterangan sejumlah saksi. Untuk saat ini, kita belum mengetahui asal api dari mana,” ujar Kasat Reskrim Polres Lampura AKP Hendrik ketika dikonfirmasi.(ozy/kyd)


Baca Juga:   Bandel, Tempat Usaha Ini Disegel 7 Hari


  • Bagikan