Pasien Covid Melonjak, RSUD Demang Sepulau Raya Hampir Full, Pasien Berat Dialihkan ke RS Lain

  • Bagikan
ilustrasi/foto dok timesofindia.indiatimes.com

RADARLAMPUNG.CO.ID- Rumah Sakit Umum Daerah Demang Sepulau Raya (RSUD DSR) Lampung Tengah mengalami lonjakan pasien Covid-19. Dari kapasitas 113 bed hampir full.

Plt. Direktur RSUD DSR dr. Taufik Joni Prasetyo, Sp.A. menyatakan kapasitas rumah sakit ada 113 bed. “Sebanyak 100-an lebih pasien Covid-19 sedang dirawat. Ada tujuh pasien di ICU yang membutuhkan penangan intensif. Makanya sementara ini jika ada pasien rujukan yang kondisinya berat terpaksa dialihkan ke rumah sakit lain,” katanya.

Tenaga kesehatan, kata Taufik, RSUD DSR ada 25 dokter dan 120-an perawat. “Ada sebagian dokter dan perawat yang tumbang. Namun kami tetap berjuang semaksimal dan seoptimal mungkin menangani pasien Covid-19. Kami imbau agar masyarakat manut (mematuhi, Red) anjuran pemerintah agar korban tidak terus berjatuhan,” ujarnya.

Baca Juga:   Mutasi Pamen Polda Lampung, Kapolresta Turut Dirolling, Ini Daftarnya

Terkait persediaan oksigen, kata Taufik, sementara ini cukup. “Sementara ini cukup tersedia. Ini semua berkat support Pak Bupati dan perusahaan-perusahaan yang telah berkontribusi membantu persediaan oksigen. Hanya persediaan obat-obatan yang kurang. Ini jadi masalah nasional. Tapi masih tetap diusahakan untuk suplai obat-obatan,” ungkapnya.

Adanya informasi pasien Covid-19 yang telantar tak diurus di IGD, Taufik menyatakan sudah dalam proses pemulasaraan. “Pasien meninggalnya semalam. Karena malam baru bisa diproses pengurusan jenazah pagi ini. Wajar sajalah kalau ada keluarga pasien yang mengeluh. Petugas pemulasaraan juga terbatas,” katanya. (sya/wdi)




  • Bagikan