Pesbar  

Pasien Hipertensi di Pesbar Naik Usai Lebaran


RADARLAMPUNG.CO.ID — Setelah lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah, jumlah pasien Hipertensi di UPTD Puskesmas Biha, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengalami kenaikan dibanding pada puasa Ramadhan lalu.

Kepala UPTD Puskesmas Biha, Septono, mengatakan, setiap tahun penyakit hipertensi itu kerap mengalami peningkatan terutama setelah lebaran. Seperti pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini, Puskesmas setempat mencatat terdapat 18 pasien hipertensi. Artinya, lebih mendominasi dibandingkan dengan jenis penyakit lainnya seperti ISPA, Maag dan sebagainya.





“Berdasarkan data yang ada bahwa setelah lebaran ini pasien hipertensi yang mendapat pengobatan di Puskesmas Biha mengalami kenaikan dibandingkan dengan penyakit lainnya,” katanya, Minggu (8/5).

Dijelaskannya, meningkatkan pasien hipertensi itu salah satunya dipicu karena pola makan yang tidak terkontrol, dan faktor lainnya yang menyebabkan masyarakat yang sebelumnya memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi itu kambuh. Karena itu, dirinya berharap agar masyarakat benar-benar memperhatikan pola makan, terutama bagi yang memiliki riwayat hipertensi.

“Dengan pola makan yang baik dan teratur serta istirahat yang cukup, mudah-mudahan penyakit hipertensi bisa dicegah, hal ini harus menjadi perhatian masyarakat,” jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat tetap menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), karena PHBS sebagai upaya bersama untuk mencegah munculnya penyakit. Terlebih pasca lebaran sangat rentan terserang penyakit. Untuk itu kondisi kesehatan masyarakat harus tetap terkontrol dan terjaga dengan baik, agar tidak mudah terserang penyakit.

“Selama lebaran hingga saat ini pelayanan di Puskesmas Biha ini masih seperti biasanya, artinya tetap dimaksimalkan. Karena itu mudah-mudahan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di Puskesmas ini tidak ada kendala,” pungkasnya. (yan/ang)