Pastikan Jumlah Surat Suara, KPU Lampung Rencanakan Cek ke Percetakan

  • Bagikan
ERWAN BUSTAMI

RADARLAMPUNG.CO.ID – KPU Lampung berencana akan melakukan pengecekan surat suara yang dicetak. Namun, Komisioner KPU Lampung Erwan Bustami belum mengetahui waktu pengecekan tersebut.

Erwan mengatakan sejauh ini seluruh surat suara masih dalam pencetakan di 6 perusahaan yang dipilih KPU RI melalui lelang e-katalog. Sayangnya, Erwan belum mengetahui pasti perusahaan yang mencetak surat suara untuk Lampung. “Belum tahu kalau percetakannya, karena percetakan dan jumlahnya langsung oleh KPU RI. Kami menerima saja,” kata Erwan saat diwawancarai di kantornya, Selasa (22/1).

Meski demikian, Erwan memastikan pihaknya akan melakukan pengecekan progres cetak surat suara. Pengecekan ini untuk memastikan perusahaan percetakan tersebut mengirimkan dengan jumlah yang benar untuk 15 kabupaten/kota se-Lampung.

Baca Juga:   PKS Lampung Dapat PR Penokohan Nasional Salim Segaf

“Ya nantinya surat suara dicetakkan oleh perusahaan tersebut dan langsung dikirimkan ke kabupaten/kota masing-masing. Kalau pengecekan, akan dilakukan perwakilan KPU kabupaten/kota. Ini untuk mengecek dan mencocokan agar tidak salah kirim,” ujarnya.

“Target KPU kan 60 hari selesai cetak baru distribusi, maka kalau tidak Februari ya Maret. Jumlahnya komulatif per TPS dengan penambahan 2%. Nantinya setelah semua sampai, akan disortir barulah dilipat. Kalau ada kerusakan akan kita minta. Rusak kan kriterianya ada robek, gambar tidak jelas, noda. Nanti akan dilaporkan untuk dikirimkan penggantinya,” tandas Erwan. (rma/kyd)




  • Bagikan