Pastikan Kesiapan Pemilu, Tim Mabes Polri Sambangi Lamteng

  • Bagikan
Brigjen M Ikhsan saat berkunjung ke Lampung Tengah selasa (19/3). Foto Syaiful Mahrum/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id-Dalam pelaksanaan Operasi Mantab Brata pengamanan Pemilu 2019, Tim Asistensi dan Supervisi Mabes Polri menyambangi Polsek Terbanggibesar, Lampung Tengah, selasa (19/3) sore.

Ketua Tim Asistensi dan Supervisi Mabes Polri Brigjen Muhammad Ikhsan menegaskan kendali pengamanan di TPS di bawah kendali polisi.


“Prinsipnya harus sama. Berapa kekuatan pengamanan polsek dan BKO yang diminta. Jumlah TPS dan mata pilih harus tahu. Berapa yang BKO Polsek harus tahu. Kendali pengamanan di TPS ada di polsek. Kalau tidak tahu, bagaimana polsek merayonisasi pasukan pengamanan yang diinginkan. Pasukan mana yang akan didorong,” katanya.

Terkait pengamanan dan distibusi logistik di TPS, kata Ikhsan, harus dipastikan aman sampai sesuai jumlah mata pilih. “Di TPS sudah ada petugas Linmas dan KPPS. Logistik harus dipastikan aman dan sampai di TPS. Harus bertanggung jawab penuh. Prinsip harus aman,” ujarnya.

Baca Juga:   Bawaslu Pesbar Gelar Bimtek SIPS

Terkait anggaran pengamanan yang tidak di-cover di KPU, Ikhsan menyatakan minta anggaran ke Mabes Polri. “Kalau nggak ada anggaran pengamanan, minta ke Mabes Polri. Suvervisi ini juga untuk mengetahui berapa anggaran pengamanan yang diperlukan. Begitu juga jumlah personel yang diperlukan untuk pengamanan di TPS bisa minta ke Mabes Polri,” ungkapnya.

Gudang logistik, kata Ikhsan, harus dijaga 24 jam untuk pengamanan. “Gudang logistik dijaga 24 jam. Jumlah anggota pengamanan jangan kurang. Larang jika ada pembakaran sampah atau apa di lingkungan gudang logistik. Perkembangan yang ada juga harus dicermati. Pastikan pesta demokrasi berjalan aman, lancar, dan terkendali,” tegasnya.

Dalam supervisi ini, Tim Asistensi dan Supervisi Mabes Polri disambut Kapolsek Terbanggibesar Kompol Donny Hendridunand bersama Kanitreskrim dan Kanitintelkam Polsek Terbanggibesar. (sya/wdi)




  • Bagikan