Patut Dicontoh, Warga Tubaba Ini Sukses Budidayakan Ikan Nila Monosex

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Kabupaten Tulangbawang Barat memiliki potensi perikanan. di Tiyuh Pulung Kencana Tulangbawang Tengah contohnya. Haryadi, warga setempat, berhasil membudidayakan ikan nila monosex sebagai  peluang usaha menjanjikan.

Bermodal kolam biofolk dan blower sebagai sumber oksigen untuk kebutuhan pengembangan ikan tersebut, Haryadi mencoba membudidayakan 300 ekor ikan nila, Mulai dari bibit yang berukuran masih sangat kecil hingga usia panen. Alhasil, terobosan baru dalam budidaya ikan tersebut dinilainya berhasil sehingga diyakini dapat membuahkan hasil asal ditekuni.


“Ikan nila ini disebut monosex, karena dia jantan semua. Kalau ikan nila yang bukan monosex, akan cukup sulit untuk besar karena ikan tersebut kebanyakan betina dan selalu berproduksi bertelur hingga beranak. Sehingga untuk pertumbuhan tubuhnya mengalami keterlambatan, bahkan sulit untuk besar, makanya kita pakai nila monesex ini,”ungkapnya.

Baca Juga:   Bunda PAUD Tubaba Bantu Buku Bacaan untuk Siswa PAUD

Dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya para peternak ikan di Tubaba agar mencoba membudidayakan ikan nila monosex. Sebab menurutnya berpotensi mendapatkan keuntungan besar dengan risiko rendah.

“Untuk waktu panen sekitar tiga bulan itu menghabiskan pakan sama seperti Ikan Lele. Cuma, ketika panen ikan nila monosex lebih besar keuntungannya. Karena harga jual lebih besar dari ikan lele. Perlu diketahui juga, pertumbuhan akan lebih efektif ketika dibudidayakan di embung atau di air yang mengalir,”jelasnya.

Dirinya berharap, pengembangan budidaya ikan nila monosex bisa berkembang di Tubaba. Sehingga kebutuhan ikan nila konsumsi di daerah setempat dapat terpenuhi tanpa harus disuplai dari kabupaten lain.

“Saya sudah membuktikan. Dan Alhamdulilkah budidaya ikan nila monosex ini menggunakan kolam bioflok bisa panen dan mendapatkan untung. Saat ini, untuk kebutuhan bibit kita ada dan insya Allah terpenuhi jika peternak ikan di Tubaba ingin mencoba membudidayakannya,”imbuhnya. (fei/rnn/wdi)




  • Bagikan