Pedagang Ketahuan Nakal, Pemkab Tuba Akan Segera Tindak

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H, Pemkab Tulangbawang melalui Dinas Kesehatan dan BPOM Loka Tulangbawang, serta instansi terkait melaksanakan sidak ke beberapa pasar.

Sidak dilakukan untuk memastikan kebutuhan pokok, ketersediaan, dan keamanan bahan makanan yang akan dikonsumsi masyarakat di Tulangbawang layak dan aman.

Beberapa pasar yang menjadi perhatian yakni: Pasar Putri Agung Menggala dan Pasar Unit II Banjaragung.

Sekretaris Dinas Kesehatan Tulangbawang Lasmini menjelaskan, berdasarkan hasil sidak, pihaknya memastikan stok pangan berikut keamanan dari segi kesehatan selama bulan suci ramadhan hingga menjelang Idul Fitri tersedia dan cukup aman untuk dikonsumsi.

“Kualitas bahan pokok di Tulangbawang baik. Hanya ada beberapa yang mengandung bahan berbahaya dan kadaluarsa, namun langsung disingkirkan,” kata Lasmini mendampingi Kadis Kesehatan Fatoni, Selasa (4/5).

Baca Juga:   Tersangka Perampok Bersenpi Ditangkap, Ini Penjelasan Kapolres Tubaba

Beberapa bahan berbahaya yang ditemukan oleh tim saat sidak pasar diantaranya borak, formalin hingga pewarna pakaian.

Lasmini menjelaskan, saat ditanya, para pedagang mengaku tidak mengetahui adanya kandungan bahan berbahaya didalam bahan pokok yang dijual.

“Kita lakukan pendalaman terhadap yang menjual. Kemudian kita sampaikan peringatan kepada yang memasok kebutuhan pokok tersebut,” terangnya.

Menurutnya, pemerintah daerah tidak akan segan-segan untuk memproses secara hukum jika ada penjual dan pemasok bahan pokok makanan yang mengandung bahan berbahaya.

Pemkab Tulangbawang melalui instansi terkait berkomitmen akan selalu memantau peredaran makanan, baik ketersediaan dan keamanan hingga hari raya Idul Fitri 1442 H agar aman dikonsumsi oleh masyarakat. (nal/sur)



  • Bagikan