Pekan Depan, Logistik Pemilu 2019 Mulai Didistribusikan

  • Bagikan
Komisioner KPU Lampung Erwan Bustami. Foto Rimadani Eka Mareta

radarlampung.co.id – Logistik persiapan Pemilu 2019 saat ini dalam proses pengepakan. Pekan depan atau per 2 April hingga 16 April 2019, semua logistik sudah bisa didistribusikan ke Panitia.

Komisioner KPU Lampung Erwan Bustami mengatakan, untuk pelipatan surat suara masih menyisakan Kabupaten Lampung Selatan yang ditarget selesai siang ini. Sementara untuk kabupaten dan kota lainnya sudah melakukan packing per Tempat Pemungutan Suara (TPS).


“Sementara saat ini hampir diseluruh kabupaten dan kota mulai melakukan pengepakan dari surat suara ke sampul baru ke dalam kotak suara dan nantinya disegel. Namun masih menunggu logistik dalam kotak yang masih berproses yaitu formulir C2 hingga C5 dan template Presiden dan DPD RI untuk pemilih disabilitas tuna netra,” kata Erwan kepada radarlampung.co.id, Senin (25/3).

Menurutnya, formulir yang masih ditunggu mulai dari form C2 tentang formulir kejadian khusus, formulir C3 tentang pendamping pemilih jika pemilih harus didampingi untuk pemilih dksabilitas. Kemudian C4 surat pengantar pengiriman logistik dari TPS ke PPS, C5 tanda terimanya. Sementara logistik diluar kotak suara yang masih ditunggu mulai dari daftar paslon capres cawapres, DCT DPD RI, DPR RI, DPRD kabuoaten/kota, dan DPRD Provinsi.

Baca Juga:   Bawaslu Pesbar Gelar Bimtek SIPS

Nah proses pengiriman logistik ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dapat dimulai sejak 2 April hingga 16 April mensatang. “Iya distribusi sudah bisa dimulai oleh KPU ke PPK, PPS, dan KPPS tapi jadwalnya tentatif untuk kabupaten dan kota,” tandasnya.

Jadwal bisa dimulai dimaksudkan untuk mendahului lokasi yang jumlah TPS per kecamatannya cukup banyak. Misalnya di Lampung Tengah dan Lampung Selatan yang bakal memulai sejak 2 Maret karena wilayah yang luas dan TPS yang banyak.

“Untuk kecamatan yang jumlah TPS banyak seperti di Natar, Lampung Selatan sebanyak kurang lebih 560 TPS, KPU menyiapkan gudang pinjam pakai atas kerjasama pemda khusus dalam mempersiapkan semua kotak suara. Namun untuk pendistribusian ke TPS tidak langsung dilakukan,” tambah Erwan.

Baca Juga:   SKPP Latih Kader Jadi Bawaslu Agent

Semua logistik yang sudah sampai di PPK harus diinapi dahulu. Barulah distribusi ke TPS dimulai H-3 hingga H-1 17 April mensatanf. Erwan melanjutkan, priotas distribusi jua mmperhatikan jarak tempuh dan kesulitannya, geografis, kondisi iklim dan sarana transportasi yang akan dilewati mulai laut dan udara. “Kalau Lampung melewati sungai, laut dan darat. Misalnya biasanya ngangkut pakai truk ada juga yang harus memakai roda dua, itulah yang akan diprioritaskan,” tandasnya. (rma/kyd)




  • Bagikan