Pelindo Panjang Beri Lampu Hijau AEKI Lampung


GM PT Pelindo II Cabang Panjang, Drajat Sulistyo. Foto Rima Mareta/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – PT Pelindo II cabang Panjang memberi lampu hijau kepada Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi (AEKI) Lampung soal permintaan melihat langsung jenis dan kaulitas biji kopi impor yang masuk ke Lampung.

General Manager PT Pelindo II Cabang Panjang, Drajat Sulistyo mengatakan bahwa sebenarnya pihaknya telah bertemu dengan AEKI Lampung. Hanya saja dalam hal ekspor impor, dirinya menyebut PT Pelindo II hanya bertugas selaku pelaksana penyedia layanan.





“Sebenarnya tidak ada halangan, saya sudah ketemu AEKI Lampung. Nah sebenarnya kami juga hanya pelaksana dan tidak punya regulasi soal ekspor impor kopi,” ujar Drajat usai kegiatan di Dermaga B Pelabuhan Panjang, Rabu (31/7).

Dia mengatakan, untuk melihat kondisi kopi baik grade maupun jenis juga bukan tugasnya. Drajat menjelaskan bahwa Tugas Pokok dan Fungsi (tupoksi) pengecekan tersebut ada di tangan Pemprov Lampung dan Asosiasi.

“Untuk mengecek, yang masuk itu tugasnya pemprov, asosiasi. Kami hanya punya data yang ekspor siapa tapi tidak detail, kami hanya punya data bongkar muat. Kemudian yang boleh membuka kontainer pihak tertentu dan yang bisa buka kondisinya yang boleh buka kontainer instasi mulai bea cukai, karantina, dan pemprov. Pelindo tidak boleh, kalau Pelindo buka kami salah,” tandasnya. (rma/kyd)