Pembangunan Lampung Astronomical Observatory Masuk Tahap ke-4

  • Bagikan
Master Plan Lampung Astronomical Observatory (LAO).

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pembangunan Lampung Astronomical Observatory (LAO) telah memasuki tahap ke-4. Pengembangan proyek tersebut kini menuju pembangunan observatorium publik center.

Koordinator Program UPT LAO Robiatul Muztaba menjelaskan, pada tahap 0 sampai 3 atau periode Januari 2016-Desember 2018 telah dilakukan gathering, promosi, soft launching, lanndclearing dan graoundbreaking.

Pada tahap itu, LAO sudah memasuki masa pembangunan ditandai dengan upacara peletakan batu pertama pada 20 Oktober 2018 lewat pembubuhan cap telapak tangan yang akan di pasang pada bangunan di LAO, Gunungbetung, Kemiling, Bandarlampung.

“Cap telapak tangan ini melibatkan perwakilan astronom berbagai negara yang hadir dalam pertemuan Southeast Asia Astronomy Network (SEAAN) yang dilaksanakan di Itera, Lampung pada bulan Oktober lalu. LAO direncanakan akan menerima cahaya pertama atau first light pada tahun 2019,” jelasnya kepada radarlampung.co.id di ruang kerjanya kampus Itera, Selasa (22/1).

Baca Juga:   Data Ulang Penerima Bantuan Kuota Internet

Menurutnya, untuk tahap ke-4 di Tahun 2019 ini, antara Itera, ITB dan Pemerintah Lampung telah merencanakan grand launching LAO center. “Rencananya grand launching untuk LAO center akan dilaksanakan pada 20 Mei 2019. Teleskop portabel diameter 0,7 meter didatangkan langsung dari Itali,” imbuhnya.

Pada zona ini, akan disiapkan planetarium dengan kapasitas 300 pengunjung, galeri, teleskop portabel diameter 0,3 – 0,7 meter dan teleskop Matahari. Selain itu direncanakan juga akan dibangun taman dengan tema astronomi khususnya dalam hal arkeoastronomi.

Menurutnya, pembangunan LAO center akan menghabikan dana sebesar Rp29 miliar yakni dari pembiayaan yang diperoleh dari Itera, IPB dan Pemerintah Lampung. Sedangkan untuk LAO utama yang terletak dipuncak Gunung Betung akan menghabiskan dana Rp80 miliar, dan mulai dibangun pada 2020 atau masuk dalam tahap ke-5. (apr/kyd)




  • Bagikan