Pembentukan Pansus untuk Berikan Penguatan kepada Bawaslu

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Bola panas Pilgub Lampung akhirnya bergulir di DPRD. Panitia Khusus (Pansus) Pilgub yang dibentuk dewan, diklaim untuk menguatkan Bawaslu. Dewan beralasan, hal itu berdasarkan dugaan pelanggaran Pilkada yang banyak dilaporkan.

Pimpinan sidang paripurna DPRD Lampung Dedi Afrizal mengatakan, DPRD Provinsi Lampung membentuk Pansus sekaligus untuk mendalami laporan dugaan pelanggaran Pilkada. Menurut Dedi, Pansus sendiri dibentuk tidak ada maksud mengintervensi Bawaslu Lampung.

“Justru dengan dibentuk Pansus ini, untuk memberikan penguatan kepada Bawaslu dan pihak lainnya. Dan nanti kita lihat bagaimana kinerjanya, ini juga nanti bisa berkoordinasi dengan Gakkumdu dan Bawaslu,” ujarnya, usai rapat paripurna pembentukan Pansus di gedung DPRD Provinsi Lampung, Jumat, (6/7).

Baca Juga:   Tujuh Daerah di Lampung Ini Berstatus Zona Merah Covid-19

Dedi menegaskan, Pansus juga sekaligus menjaga bagaimana proses demokrasi bisa berjalan sesuai dengan harapan DPRD dan masyarakat Lampung.

“Artinya jangan demokrasi kita dikotori dengan pola permainan yang menciderai dan melanggar aturan, sehingga akan berlanjut terus,” tegasnya.

Dia menambahkan, pihaknya melihat bahwa periode lalu masyarakat mengeluh adanya isu politik gula dan di Pilgub periode ini ada dugaan tindak pidana Pilkada money politik.

“Nah kami hanya ingin membuktikan ada tidak praktik itu, benar atau tidak. Sehingga nanti apa yang menjadi temuan Pansus, itu yang akan menjadi rekomendasikan kepada lembaga-lembaga terkait,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, DPRD Provinsi Lampung kembali menggelar rapat paripurna dalam rangka Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) dugaan tindak pidana Pilkada Provinsi Lampung, pada 27 Juni 2018, di ruang rapat Paripurna, DPRD Provinsi Lampung, Jumat, (6/7).

Baca Juga:   Turut Berduka, Nakes di Tuba Wafat Terkonfirmasi Covid-19

Dalam rapat paripurna kali ini, beragendakan pembacaan surat masuk dari tiga praksi PAN, Golkar dan PKB. Sidang sementara di skros selama 10-15 menit untuk menyusun struktur Pansus. (ndi/ang)




  • Bagikan