Pemblokiran Jalan Tol KM 55 Versi Pimpro JTTS

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Pimpinan Proyek (Pimpro) Paket I-II tahap I Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Lampung, Slamet Sudrajat angkat bicara terkait pemblokiran yang dilakukan oleh sejumlah warga di STA 52, Rabu (9/1).

Di mana, warga menuntut agar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera membayar uang ganti rugi (UGR) mengingat pihak warga sudah memenangkan gugatan di PN Kalianda dan meminta agar kementerian tidak melakukan banding.

Berdasarkan laporan Mislan selaku PPK setempat, Slamet menjelaskan duduk persoalannya adalah di mana ruas Jalan Tol melintasi Kawasan Hutan Produksi Tetap di desa Tanjungratu, Kecamatan Katibung-Lampung Selatan sebanyak 88 bidang seluas 10,95 Ha. Di dalam kawasan hutan tersebut, sebagian dihuni oleh warga yang memiliki alas hak sertifikat hak milik (SHM) dan sporadik.

Baca Juga:   RSUD Dadi Tjokrodipo Bakal Jadi RS Khusus Covid-19

“Untuk mencari keadilan dan kepastian hukum mana yang benar, tanah kehutanan atau tanah warga, maka warga melalui kuasa hukumnya melakukan Gugatan ke PN. Kalianda menuntut keabsahan alas hak SHM itu, yang akan dijadikan bukti kepemilikan untuk mendapatkan ganti kerugian atas tanah yang terkena Pembangunan Jalan Tol,” jelasnya kepada radarlampung.co.id, Kamis (10/1).

Slamet melanjutkan, dalam persidangan warga memenangkan gugatan tersebut. Kendati demikian, Kementerian juga punya hak untuk banding. “Tapi memori banding belum diberikan. Alasan bandingnya karena disuruh membayar, kemudian memang punya hak untuk banding, kemudian juga karena sudah memiliki Ijin Pinjam Pakai Kawasan Hutan,” jelasnya.

Kendati demikian sudah dilakukan win-win solution. “Hasil diskusi upaya hukum adalah langkah terakhir dan uang ganti rugi sudah dititipkan di pengadilan. Tapi saat ini sudah enggak diblokir lagi jalan itu karena kesepakatan dengan Kasat Intel setempat. Hasil finalnya seperti apa masih menunggu perwakilan warga dan Kasatker PUPR didampingi PPK, Kades, Kapolsek dan lawyernya, ” pungkasnya. (abd/kyd)




  • Bagikan