Pemerintah Dorong Digitalisasi UMKM

  • Bagikan
AIRLANGGA HARTARTO

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bagaikan sebuah anomali, perkembangan ekonomi digital semakin pesat di tengah pandemi ini. Pandemi virus Corona memang mengubah perilaku konsumen dan peta kompetisi bisnis para pelaku usaha.

Di mana, terjadi shifting pola konsumsi barang dan jasa dari luring (offline) ke daring (online). Trafik meningkat sekitar 15%-20%.

Dari sisi pelaku usaha, sebanyak 37% konsumen baru memanfaatkan ekonomi digital pascapandemi. Selain itu, 45% pelaku usaha juga aktif melakukan penjualan melalui e-commerce.

“UMKM digital merupakan kunci pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah berkomitmen mendorong digitalisasi UMKM tradisional/luring dan memberikan kemudahan bagi UMKM yang sudah terdigitalisasi,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam webinar bertema Percepatan Digital Ekonomi dan Keuangan Indonesia di Masa Pandemi di Jakarta, Rabu (28/4).

Baca Juga:   Target Akselerasi Vaksinasi 1 Juta Per Hari

Turut hadir sebagai panelis dalam webinar tersebut, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I Otoritas Jasa Keuangan Teguh Supangkat, Direktur Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Akhis R. Hutabarat, dan Pengamat Ekonomi Digital INDEF Nailul Huda, serta Direktur Pemberitaan BeritaSatu Media Holdings Primus Dorimulu sebagai moderator.

Menurut Airlangga, secara umum, produk domestik bruto (PDB) ekonomi digital pada 2020 mencapai US$44 miliar atau tumbuh 11% dari 2019.



  • Bagikan