Pemerintah Pusat Transfer Rp21,07 T untuk Lampung


Soal Wacana Penghapusan Honorer, Ini kata Sekprov Lampung
Sekprov Fahrizal Darminto. Foto Diskominfotik Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemprov Lampung akan menerima penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2022 pada Rabu (1/12) di Ballroom Novotel Lampung.

Hal ini dibenarkan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto yang ditemui Selasa (30/11). “iya besok penyerahan TKDD nya,” ungkap Fahrizal.





Penyerahan ini akan langsung diterima Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi. Sementara berdasarkan www.djpk.kemenkeu.go.id, Kementerian Keuangan telah merilis rincian masing-masing TKDD seluruh provinsi se Indonesia.

Untuk Lampung, total dana yang akan di transfer baik ke Pemprov Lampung maupun 15 Kabupaten/kota di Provinsi Lampung sebanyak Rp21.079.743.585.000. Jumlah ini menurun dibandingkan 2020 yaitu jumlah TKDD sebesar Rp21.580.326.192.000.

Sementara dari total TKDD pada anggaran 2022 tersebut, khusus untuk Pemprov Lampung sendiri mencapai Rp3.065.540.713.000. Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) di Istana Negara, Jakarta.

Dalam penyerahan tersebut diketahui dari total Belanja negara pada 2022 sebesar Rp2.714,2 triliun, sebesar Rp945,8 triliun dialokasikan kepada 82 kementerian/lembaga dan Rp769,6 triliun anggaran TKDD diserahkan pada para Gubernur dan kepala daerah se Indonesia.

Penyerahan secara simbolis hanya diberikan kepada sembilan k/l. Mulai dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pertanian, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Sementara Gubernur Lampung Arinal Djunaidi turut menyaksikan penyerahan tersebut melalui video konfrensi di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengatakan belanja kementerian lembaga (K/L) 2022 alokasi sebesar Rp945,8 triliun yang akan digunakan untuk pemulihan sosial ekonomi dan mendukung reformasi sektor kesehatan pendidikan dan perlindungan sosial.

Sementara sebesar Rp769,6 triliun untuk meningkatkan harmonisasi belanja K/L dan TKDD dan mendukung perbaikan kualitas sdm dibidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur publik didaerah. Dana desa di optimalkan sebagai instrumen utuk pemulihan ekonomi skala desa dan percepatan penanganan kemiskinan ekstrim.

“Keseluruhan Belanja negara 2022 sebesar Rp2.714,2 triliun sebesar Rp945,8 triliun dialokasikan kepada 82 K/L, Rp769,6 triliun anggaran transfer daerah dan dana desa diserahkan pada para gubernur dan kepala daerah. Kami berharap akan dipa k/l dan daftar alokasi TKDD 2022 dapat segera ditl sehingga kegiatan pelaksanaan APBN dapat dilakukan segera pada 2022 untuk dapat dirasakan manfaatnya kepada masyarakat,” tambahnya. (rma/wdi)