Pemilih Bersuhu Diatas 37,3 Derajat Celcius Masuk Bilik TPS Khusus

  • Bagikan
ilustrasi net

RADARLAMPUNG.CO.ID- KPU Kota Bandarlampung nantinya menyiapkan bilik khusus di Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk calon pemilih yang memiliki suhu badannya diatas 37,3 derajat celcius. Hal ini sesuai dengan ketentuan regulasi KPU secara nasional.

Namun, antisipasi tetap dilakukan, jika ada petugas maupun pengawas yang kondisi suhu badannya diatas 37,3 derajat celcius, menjadi perhatian khusus bagi Bawaslu dan KPU. “Kami berharap semua petugas, khususnya di TPS memiliki kondisi yang prima. Tidak ada yang suhu badannya diatas 37,3 derajat celcius,” harap, Komisioner KPU Provinsi Lampung, Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Ismanto, Rabu (2/12).

Di TPS, kata Ismanto, nantinya ada tujuh orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ditambah dua orang petugas ketertiban. Namun, jika memang diantara petugas tersebut ada yang memiliki suhu badan diatas 37,3 derajat celcius, maka petugas tersebut diistirahatkan.

“Tidak diganti, lantaran sudah di SK kan. Makanya kita berharap tidak ada yang suhu tinggi. Kalaupun ada yang suhu tinggi (37,3 derajat celcius) maka yang bertugas yang lain yang suhu badannya normal,” katanya.

Untuk pengawas TPS, Kordiv SDM Bawaslu Provinsi Lampung, Karno Ahmad Satarya mengatakan, pihaknya belum mengetahui juknis jika memang ada PTPS yang memiliki suhu badan diatas 37,3 derajat celcius. “Kita berharap sih tidak ada. Kalau diganti kita juga belum dapat juknisnya. Mungkin tugas bisa langsung yang pengawas Kelurahan dan Kecamatan,” kata dia.

Harapan semua pengawas sehat pada pemungutan suara 9 Desember 2020, kata karno lantaran pengawasan di TPS itu tidak hanya sebatas pengawasan proses pemungutan suara saja. Akan tetapi, pembukaan mata, telinga pengawas TPs harus sudah nyala ketika lokasi TPS akan ditentukan dan dibangun. “Mudah-mudahan tidak ada yang sakit di Hari H. Sebab pengawasan dilalukan mulai dari perencanaan, hingga ke perhitungan kemudian pleno,” kata dia. (abd/wdi)



  • Bagikan



Diduga Bunuh Diri, Pemuda Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Lampung Barat Diguncang Gempa Tektonik Bejat! Paman Cabuli Keponakan Hingga Hamil Delapan Bulan