Pemkab Kotawaringin Barat Studi Penerapan TTG Pengolahan Batang Sawit di Pesawaran


Plh. Sekretaris Kabupaten Pesawaran Syukur menerima cinderamata dalam kunjungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa. FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID  

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah melakukan studi penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) pengelolaan limbah batang sawit menjadi gula merah ke Pesawaran, Selasa (17/5).

Sekretaris Kabupaten Kotawaringin Barat Suryanto mengatakan, sebagai wilayah penghasil kelapa sawit terbesar di Kalimantan Tengah, pihaknya ingin melihat langsung pengelolaan limbah batang sawit menjadi gula merah dan kristal di Pesawaran.





“Kami mempunyai puluhan ribu hektare lahan sawit yang selama ini limbahnya belum bisa dimanfaatkan secara maksimal,” kata Suryanto.

Ia berharap, pengetahuan yang didapatkan dari Pesawaran dapat diterapkan di Kotawaringin Barat sehingga limbah sawit dapat dimanfaatkan.

Sementara Plh. Sekretaris Kabupaten Pesawaran Syukur mengatakan, penerapan teknologi tepat guna tersebut sesuai dengan visi misi Bupati Dendi Ramahdona dan Wakil Bupati Marzuki, yakni mewujudkan desa mandiri.

TTG juga merupakan bagian dari pembinaan dan pengawasan pemerintah daerah yang memberdayakan masyarakat desa dengan menerapkan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna serta temuan baru untuk kemajuan ekonomi dan pertanian masyarakat desa.

“Secara strategis, penerapan TTG pengelolaan limbah sawit menjadi gula merah di Desa Roworejo, Kecamatan Negerikaton, harus dapat dikembangkan. Baik kualitas, kuantitas dan maupun jangkauan akses promosi dan pasarnya,” pungkasnya. (ozi/ais)