Pemkab Lambar Komitmen Wujudkan Geopark Suoh

  • Bagikan
Musrenbang tingkat kabupaten melalui video conference yang dipusatkan di ruang rapat Pesagi, Senin (13/4). FOTO NOPRIADI/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus berkomitmen mewujudkan Kawasan Geopark Suoh. Berbagai upaya dilakukan dalam rangka percepatan program tersebut.

Salah satunya koordinasi dengan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral di Bandung, Jawa Barat.

“Geopark merupakan perwujudan tiga komitmen Pemkab Lampung Barat. Yakni kabupaten literasi, konservasi, dan tangguh bencana. Di mana, kawasan Suoh-Ranau merupakan satu geosite yang menambah keunikan Geopark Lampung Barat,” kata Parosil Mabsus.

Bertitik tolak dari berbagai permasalahan, terus Parosil, potensi dan tantangan pembangunan di Lambar yang ada saat ini serta memperhatikan RPJPD 2005-2025, RPJMD 2017-2022, arah kebijakan pembangunan nasional dan provinsi 2021, dilakukan serangkaian proses perencanaan pembangunan.

Baca Juga:   DPMPTSP dan Naker Lambar Layani 101 Jenis Perizinan

Meliputi konsultasi publik, musrenbang kecamatan serta forum OPD, maka Musrenbang Kabupaten 2020 dalam rangka penyusunan RKPD 2021, telah menetapkan tema Pembangunan Kabupaten Lampung Barat 2021. Yaitu Meningkatkan Inovasi, Pelayanan Publik dan Daya Saing Daerah untuk Pembangunan Daerah yang berkualitas.

“Untuk prioritas pembangunan, memantapkan kualitas infrastruktur daerah dengan memperhatikan mitigasi bencana dan pengelolaan lingkungan,” urainya.

Kemudian meningkatkan kualitas pelayanan dasar guna peningkatan sumber daya manusia, meningkatan nilai tambah produk unggulan yang inovatif dan sektor pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kualitas birokrasi dan stabilitas kamtibmas. (nop/ais)




  • Bagikan