Pemkab Lambar Siapkan Rp6,9 M untuk Penanganan Bencana

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menganggarkan dana sebesar Rp6,989 miliar lebih untuk penanganan bencana tahun ini.

Sekretaris Bappeda Lambar Indra Gunawan mengatakan, dana tersebut dianggarkan melalui empat organisasi perangkat daerah (OPD).


“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Sosial serta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR),” kata Indra Gunawan mewakili Kepala Bappeda Lambar Agustanto Basmar, Jumat (19/2).

Dipaparkan, dari dana yang dianggarkan, Rp4,285 miliar lebih untuk BPBD. Kemudian Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Rp242 juta lebih pada sub kegiatan penanggulangan bencana/tanggap darurat; Dinas Sosial Rp300 juta lebih dengan sub kegiatan penyediaan makanan serta sub kegiatan koordinasi sosialisasi dan pelaksanaan taruna siaga bencana.

Baca Juga:   Diskes Lambar Alihkan Insentif Nakes PNS untuk Non PNS

Kemudian, Satpol PP dianggarakan Rp2 miliar lebih yang terdiri dari sub kegiatan pemadaman dan pengendalian kebakaran dalam daerah kabupaten/kota, sub kegiatan investigasi kejadian kebakaran meliputi penelitian dan pengujian penyebab kejadian kebakaran, sub kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran melalui sosialisasi dan edukasi masyarakat serta sub kegiatan pembinaan aparatur pencarian dan pertolongan terhadap kondisi membahayakan manusia/penyelamatan dan evakuasi.

“Untuk di BPBD, antara lain dananya digunakan sosialisasi komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) rawan bencana kabupaten/bencana, pelayanan pencegahan kesiapsiagaan terhadap bencana, pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana kabupaten/kota,” sebut dia. (lus/ais)

 




  • Bagikan