Pemkab Lampura Buka Sarasehan Hingga Canangkan Kampung Literasi

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura), melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), selain membuka sarasehan gerakan pendidikan pemberdayaan Perempuan mandiri, juga mencanangkan desa ratu abung kecamatan abung selatan sebagai kampung literasi, Kamis (3/12).

Bupati Lampura, Budi Utomo diwakili asisten ll Azwar Yazid, mengatakan, perempuan itu merupakan generasi penerus bangsa baik dulu maupun yang akan datang, maka untuk itu, perempuan harus berdiri sendiri, terampil serta terasah hatinya sehingga bisa mencetak gerasi penerus bangsa yang memiliki keunggulan dan berdaya saing di era kekinian saat ini.

“Oleh karena itu kualitas perempuan harus ditingkatkan yang salah satunya melalui Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M),” ujar Asisten II, Azwar Yazid.

Baca Juga:   BKSDM Lampura Umumkan Penilaian Selter Terbuka Eselon II

Sementara, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampura, Mikael Saragih mengatakan, gerakan pemberdayaan perempuan mandiri bertujuan meningkatkan kecakapan personal, akademik, sosial dan vokasional, mengurangi dampak resiko sosial kelompok perempuan marginal, meningkatkan potensi sumberdaya masyarakat melalui berbagai kegiatan keterampilan mengubah wawasan atau cara pandang perempuan dalam menyikapi persoalan kehidupan sehari hari.

Sedangkan penyelenggaraan kampung literasi bertujuan memberikan layanan pengetahuan informasi dan keterampilan kepada masyarakat sehingga memiliki kecakapan dan wawasan yang luas serta keterampilan yang memadai, menyediakan fasilitas layanan informasi dan pengetahuan di jalur pendidikan nonformal kepada masyarakat.

“Kami berharap, melalui gerakan pendidikan Pemberdayaan perempuan mandiri ini dapat meningkatkan Pengetahuan keterampilan Para perempuan, sehingga Dapat memunculkan kelompok-kelompok Usaha mikro yang dapat mendukung Ekonomi keluarga,” katanya. (ozy/yud)



  • Bagikan