Pemkab Lamsel Tinjau Kesiapan Kuliah Hybrid ITERA

  • Bagikan

Radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), meninjau kesiapan perkuliahan hybrid atau campuran antara kuliah langsung dan dalam jaringan (daring) yang sedang diusulkan oleh Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

Rektor ITERA, Prof.Ofyar Z Tamin mengatakan, saat ini, ITERA sedang mengusulkan perkuliahan secara hybrid dengan menggabungkan kuliah daring dan tatap muka.

Hal ini, bertujuan untuk meningkatkan kualitas perkuliahan yang merupakan kampus institut teknologi. Sebab, selama ini, perkuliahan daring cukup efektif, namun untuk membekali skill mahasiswa, perlu dilakukan perkuliahan tatap muka, terutama dalam hal praktikum, dan pematangan materi yang didapatkan secara daring.

“Kami berencana melaksanakan perkuliahan hybrid, hal ini dilatarbelakangi kualitas perkuliahan yang sesuai evaluasi mengalami penurunan. Perkuliahan daring sangat efektif dan efisien. Kami juga berkewajiban menjaga kualitas pembelajaran sebagai kampus institut teknologi,” ungkap Ofyar.

Menurutnya, sebagai persiapan, pihaknya juga menyiapkan berbagai standar operasoinal prosedur (SOP) perkuliahan hybrid. Mulai dari perkuliahan di kelas, kuliah lapang, praktikum, hingga tugas akhir dengan mengutamakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Kami juga mengatur setiap ruangan kelas, laboratorium, hingga fasilitas lainnya di kampus sesuai prokes, dan telah bekerjasama dengan beberapa rumah sakit dalam mendeteksi awal Covid-19 bagi mahasiswa, dosen dan tenaga pendidik,” ujarnya.

Sementara, Sekda Lamsel, Thamrin menjelaskan, kunjungan tersebut, untuk melihat kesiapan perkuliahan hybrid di ITERA.

“Kita akan cek bagaimana kesiapan kuliah hybrid di kampus ITERA. Mudah-mudahan berjalan dengan lancar,” ujarnya. (gie/rls/yud)



  • Bagikan