Pemkab Lamtim Salurkan Bantuan Korban Puting Beliung

  • Bagikan
Penyaluran bantuan bagi korban puting beliung. Foto dok BPBD Lamtim

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menyalurkan bantuan kepada para warga Kecamatan Pasirsakti yang tertimpa bencana puting beliung, Selasa (9/2).

Kepala Badan Penanunggulan Bencana Daerah Mashur Sampurna Jaya melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Mujianto menjelaskan, bantuan yang disalurkan antara lain berupa 16 kodi asbes, peralatan makan, tas sekolah, family kit dan 1.200 masker.

Lebih lanjut Mujianto menjelaskan, selain menyalurkan bantuan, BPBD juga menerjunkan personil untuk membantu warga dan petugas Polsek Pasirsakti melakukan pemangkasan pohon yang tumbang dan perbaikan rumah yang rusak. “Melalui bantuan ini diharapkan dapat meringankan warga yang tertimpa musibah,”jelas Mujianto mewakili Bupati Lamtim Zaiful Bokhari saat menyerahkan bantuan kepada Camat Pasirsakti Sibran Mulsi.

Baca Juga:   Cegah Penyebaran Covid-19, Lamtim Tidak Gelar Safari Ramadan

Kesempatan yang sama  Camat Pasir Sakti Sibran Mulsi menjelaskan, dari hasil pendataan rumah warga yang mengalami kerusakan sebanyak 55 unit.  Dari jumlah tersebut,  32 di antaranya rusak sedang dan 23 rusak berat.

Dilanjutkan, dari 32 rumah yang mengalamj kerusakan sedang itu, 12 di antaranya di Desa Mekarsari dan 20 di Desa Pasirsakti. Itu termasuk 1 gedung Sekolah Dasar Negeri Mekarsari dan 1 gereja. Sementara yang mengalami kerusakan berat, 17 di antaranya di Desa Pasirsakti dan 6 di Desa Mekarsari.

Baca Juga:   Selalu Waspada, Lampung Masuk Daftar Provinsi Tingkat Resiko Bencana Alam Tinggi

Ditambahkan, bencana itu juga mengakibatkan 2 warga mengalami luka ringan, yaitu Inati (50) dan Marsiah (70). Kemudian 1 mengalami luka berat, yaitu Sri Wiyati (50). “Korban yang mengalami luka sudah dirawat di Puskesmas dan kini telah dievakuasi ke rumah warga sekitar,”jelas Sibran Mulsi didampingi Kapolsek Pasirsakti AKP Rizal Efendi.

Diketahui,  Bencana angin puting beliung menyerang Lampung Timur, Senin (8/2).  Bencana diawali hujan lebat disertai angin kencang itu mengakibatkan puluhan rumah di Kecamatan Pasirsakti dan Sukadana mengalami kerusakan.

Baca Juga:   Asyik Karaoke, Pencuri Sapi Diamankan

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Timur Mashur Sampurna Jaya melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Mujianto menjelaskan, di Kecamatan Pasirsakti bencana itu terjadi di Desa Mekarsari dan Desa Pasirsakti.

Selain itu, bencana serupa juga mengakibatkan 5 rumah warga Desa Muarajaya Kecamatan Sukadana mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon tumbang. (adv/Diskominfo Lamtim)



  • Bagikan



Diduga Bunuh Diri, Pemuda Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Lampung Barat Diguncang Gempa Tektonik Bejat! Paman Cabuli Keponakan Hingga Hamil Delapan Bulan