Pemkab Lamtim-UIN Raden Intan Lampung Kerjasama, Usulkan KH Ahmad Hanafiah Sebagai Pahlawan Nasional


FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) dan Pemkab Lampung Timur menandatangani perjanjian kerjasama dalam rangka mengusulkan gelar pahlawan KH Ahmad Hanafiah, Kamis (31/3).

Penandatanganan yang berlangsung di gedung Akademik dan Riset Center UIN RIL ini dilakukan Rektor Prof. Wan Jamaluddin dan Bupati Lamtim M. Dawam Rahardjo. Disaksikan mantan Menteri Kelautan Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri; cucu KH Ahmad Hanafiah, Kemas Tohir Hanafi yang juga Staf Ahli Bidang Ekubang Pemkab Lampung Timur.





Bupati Lamtim Dawam Rahardjo mengatakan, sejarah pahlawan nasional Lampung belum terdengar lagi setelah Raden Intan. Sementara ada KH Ahmad Hanafiah asal Sukadana, Lamtim. Ia gugur di medan perang diperbatasan Lampung-Palembang yang patut dijadikan pahlawan nasional.

“Lampung Timur memiliki KH Ahmad Hanafiah yang ikut memperjuangkan kemerdekaan RI. Gugur di medan perang saat melawan Belanda, tepatnya pada Agresi Militer II,” kata Dawam.

Selain itu, KH Ahmad Hanafiah merupakan tokoh intelektual dengan karya tafsif Ad Dhor dan All Hujah. ”Oleh karenanya, sangat pantas dinyatakan pahlawan nasional,” tegasnya.

Selain itu, semangat KH Ahmad Hanafiah juga harus ditumbuhkan di sanubari warga Lampung dan Indonesia.

“Bukan tanpa alasan mengajukan KH Ahmad Hanafiah sebagai pahlawan nasional. Hal itu dilihat mulai dari  kajian dan biografi intelektual, heroisme, pemimpin, serta ulama. Juga yang sudah dikaji oleh peneliti UIN RIL dan diharapkan dapat memenuhi syarat agar bisa diusulkan sebagai pahlawan nasional,” jelasnya.