Pemkab Pesawaran Bentuk Satgas Penanganan PMK


RADARLAMPUNG.CO.ID –¬†Pemerintah Kabupaten Pesawaran membentuk satuan tugas (Satgas) guna mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi hewan ternak berkuku belah. Anggotanya terdiri dari Dinas Perkebunan dan Peternakan, TNI/Polri, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, pengusaha ternak serta dinas terkait lainnya.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Pesawaran Fisky Virdous mengatakan, sejauh ini kasus terkonfirmasi positif PMK untuk sapi di kabupaten berjuluk Bumi Andan Jejama tersebut masih nihil





“Untuk Pesawaran masih nol,” ungkap Fisky

Menurut dia, pihaknya segera mengirimkan surat secara resmi ke UPT Puskeswan dan para peternak untuk tidak membeli ternak dari luar daerah

“Kita akan buat surat edaran bupati terkait larangan masuknya hewan ternak dari luar Pesawaran,” ucapnya

Fisky Virdous mengungkapkan, meskipun tidak menular antar manusia, namun dapat membawa virus dan menyebar kepada hewan berkuku belah lainnya. Karena itu diperlukan perlakuan khusus seperti disinfektan, baju hazmat atau APD, masker dan vaksin.

“Itu perlu dianggarkan. Saat ini kita menunggu informasi dari pusat, termasuk apakah ada bantuan vaksin atau lainnya,” paparnya. (ozi/ais)