Pesbar  

Pemkab Pesbar Ambil Sikap, Marak Anak-anak Keliling Bawa Kotak Amal


Rapat koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dengan stakeholder terkait maraknya anak-anak yang berkeliling membawa kotak amal, Rabu (19/1). FOTO DOKUMEN SATPOL PP-DAMKAR PESISIR BARAT

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat bersama pihak terkait menggelar rapat koordinasi, menyikapi maraknya anak-anak pembawa kotak amal dengan dalih sumbangan.

Rapat yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pesbar, Rabu (19/1) ini diikuti perwakilan TNI, Polri, Cabang Kejaksaan Negeri Krui dan pihak lainnya.





Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (PPPA-KB) Pesbar Budi Wiyono mengatakan, fenomena anak-anak pembawa kotak amal ini menjadi kekhawatiran bersama.

Sebab melibatkan anak di bawah umur dan ini masuk dalam katagori eksploitasi. “Hasil rapat koordinasi, intinya melarang keras peredaran kotak amal yang dibawa anak,” kata Budi Wiyono.

Dinas PPPA-KB bersama stakeholder terkait akan melakukan penyelamatan terhadap anak-anak yang membawa kotak amal keliling itu.

Langkah ini dilakukan melalui penertiban dan menindaklanjuti rekomendasi rapat gugus tugas Kabupaten Layak Anak yang dipimpin oleh Bupati Agus Istiqlal belum lama ini.