Pemkab Pringsewu Studi Banding Sanitasi Sekolah di Tangerang

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Wakil bupati Pringsewu Dr. H. Fauzi menghadiri acara horizontal learning wash in school terkait pembelajaran sanitasi sekolah di kabupaten Tanggerang, Rabu (2/5).

Tim pemkab Pringsewu dipimpin
Wakil bupati didampingi  kepala Dinas Kesehatan Purhadi dan sekretaris Disdik Supri.

Fauzi mengatakan maksud dan tujuan kedatangan mereka ingin  belajar program ODF yang telah di lanjutkan ke sekolah sekolah yang ada di kabupaten Tangerang yakni SDN Saga VI dan SMP N II Tigaraksa.

“Belajar tentang sanitasi berbasis sekolah. Maksudnya dimulai dari sekolah agar perilaku anak anak berpola hidup bersih. Misalnya dengan tidak menciptakan sampah di sekolah. Buang air kecil dan besar dengan benar kemudian juga rajin mencuci tangan,” jelasnya.

Yang menarik di sekolah itu juga  menerapkan  program Kurasaki yaitu kurangi sampah sekolah kita.Sehingga jangan bingung bila ke sekolah tersebut tak menjumpai tong sampah. Karena untuk mendukung penerapan program ini.
Rombongan dari Pringsewu juga mempelajari pengelolaan air limbah di sekolah.

“Supaya kami bisa menerapkan sanitasi ODF hingga  yang ke sekolah yang ada di kabupaten Pringsewu,” ungkap Fauzi.

Rombongan diterima  pokja Sanitasi kabupaten Tangerang dan Erwin Kabid sosial budaya (sosbud) di aula Bapeda setempat  dan dilanjutkan dengan pemberian cinderamata/plakat dari kabupaten Pringsewu kepada kabupaten Tangerang. (sag/gus)




  • Bagikan