Pemkab Tanggamus Keluarkan Imbauan Resmi Waspada Tsunami

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanggamus resmi memberikan himbauan antisipasi tsunami kepada masyarakat. Surat Nomor 005/10570/46 tertanggal 28 Desember 2018 yang ditandatangani Bupati Dewi Handajani ini menindaklanjuti rekomendasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Ada sembilan daerah yang menjadi tujuan. Yakni Kelumbayan, Cukuhbalak, Limau, Kotaagung Timur, Kotaagung Pusat, Kotaagung Barat, Wonosobo, Semaka dan Pematangsawa.


Imbauan meliputi lima item. Pertama, seluruh masyarakat Tanggamus yang tinggal di sepanjang pesisir pantai untuk dapat menjauhi atau menghindari zona pesisir pantai radius 500 meter-1 kilometer.  Ini dilakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Kedua, seluruh camat menyampaikan imbauan kepada lurah atau kepala pekon agar diditeruskan kepada seluruh masyarakat. Lalu, para camat dapat menyiapkan lokasi pengungsian dengan menggunakan fasilitas pemerintah dan fasilitas umum lainnya.

Baca Juga:   Puluhan Petugas DLH Sisir Jalan, Dapat Belasan Ton Sampah Hasil Buang Sembarangan

Poin keempat, untuk masyarakat di wilayah pantai, diharapkan tenang dan jangan memercayai isu-isu tentang erupsi Gunung Anak Krakatau yang akan menyebabkan tsunami. Informasi yang valid hanya didapat dari lembaga resmi pemerintah yang berwenang. Antara lain BPBD, camat dan aparat pekon serta kelurahan. Terakir, untuk perkembangan lebih lanjut diinformasikan kembali

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tanggamus Sabaruddin membenarkan surat imbauan tersebut. ”Imbauan tersebut telah disampaikan kepada para camat untuk dilanjutkan ke kelurahan, pekon dan masyarakat. (ehl/ais)




  • Bagikan