Pemkab Tuba Gelar Sarasehan Kebangsaan Bersama ICMI

  • Bagikan
Sarasehan Kebangsaan Pemkab Tulangbawang bersama Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI). Foto M. Zainal Arifin/Radarlampung.co.id 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemkab Tulangbawang bersama Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) menggelar Sarasehan Kebangsaan dengan tema Gotong Royong Dalam Membangun Karakter Kebangsaan di tengah Pandemi Covid-19. Kegiatan dilaksanakan di GSG Menggala, Selasa (22/6).

Beberapa narasumber dalam kegiatan yakni Ketua Umum ICMI Pusat Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H., M.H diwakili wakil ketua umum ICMI Dr. Drs. Priyo Budi Santoso, Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si, Bupati Tulangbawang Dr. Winarti, S.E.,M.H, Rektor UBL Prof. Dr. Ir. M. Yusuf Barusman, MBA, Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. Moh. Mukti, M.Ag diwakili oleh wakil rektor bidang akademik dan kelembagaan Dr. Alamsyah, M.Ag. Serta dimoderatori oleh Andi Windah Ketua Program Studi D3 Perpustakaan FISIP Unila.

Dalam kesempatan itu, Ketua ICMI Orda Tulangbawang Dr. Akhmad Suharyo, M.Si mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan bersinergi dengan Pemkab Tulangbawang diikuti oleh peserta offline dan online.

Baca Juga:   Kapolres Tulangbawang: Ingin Vaksin, Warga Hanya Diminta Tunjukan KTP

Menurutnya, dengan kegiatan ini ICMI berupaya bersinergi dengan 25 program Bergerak Melayani Warga (BMW).

Dia berharap kedepannya akan tumbuh kebersamaan dan memiliki rasa gotong royong. Kegiatan ini juga diharapkan memberikan edukasi kepada para peserta tentang wawasan kebangsaan.

Sementara itu, Bupati Winarti mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan dengan niat yang baik di tengah pandemi Covid-19.

ICMI, kata Winarti, menjadi hal penting dan berperan mengisi kemerdekaan sampai saat ini. Menurutnya, peranan ICMI sangat luar biasa di Indonesia.

Winarti berharap para peserta dapat mengikuti dengan baik. Dia juga mengucapkan terimakasih untuk Ketua Umum ICMI karena telah memberikan dukungan penuh atas kegiatan ini secara online dari pusat.

Winarti mengungkapkan, di masa pandemi saat ini terasa sulit jika tidak melakukan gotong royong bersama.

“ICMI konsisten melakukan itu di Tulangbawang. Kami meminta dukungan penuh dari ICMI, kita harus memperkuat kesatuan dan kebangsaan,” kata Winarti.

Baca Juga:   Kabag Tapem Tuba Wafat Terpapar Covid-19, Bupati: Almarhum Orang Baik

Mantan ketua DPRD Tulangbawang itu menjelaskan, 25 program BMW menjadi salah satu solusi di tengah pandemi.

“Program ini lahir dari keinginan rakyat saat itu. Di masa pandemi terbukti cukup signifikan membantu masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Winarti, SDM di Tulangbawang sudah sangat baik. Dia berharap dengan peranan ICMI dapat lebih meningkat. Hal tersebut karena peranan ICMI sudah terbukti menciptakan putra-putri terbaik.

“Pendidikan merupakan salah satu pilar terpenting di negeri ini,” jelas Winarti.

Dia pun mengajak seluruh elemen untuk gotong royong bersama melawan Covid-19.

“Pancasila dan negara harus hadir di masa Covid-19. Kita harus berpijak dengan ideologi kita Pancasila. Pancasila bukan hanya simbol negara, tapi juga pemersatu bangsa. Dengan gotong royong, hal yang mustahil dapat kita kerjakan bersama,” tandasnya. (nal/sur)




  • Bagikan