Pemkab Tuba Raih Penghargaan Penanganan ODF Terbaik dari Pemprov Lampung

  • Bagikan
Bupati Tulangbawang Winarti menerima penghargaan dari Pemprov Lampung. Foto Diskominfo Tulangbawang
Bupati Tulangbawang Winarti menerima penghargaan dari Pemprov Lampung. Foto Diskominfo Tulangbawang

Radarlampung.co.id – Pemkab Tulangbawang (Tuba) menerima penghargaan penanganan open defecation free (ODF) terbaik dari Pemprov Lampung.

Penghargaan diberikan atas kinerja Pemkab Tulangbawang dalam upaya menjaga lingkungan dengan mengupayakan masyarakat setop buang air besar sembarangan atau ODF.



ODF atau setop buang air besar sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.

Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat dapat berpengaruh pada lingkungan dan kesehatan.

Penghargaan diserahkan Gubernur Lampung yang diwakili Sekretaris Provinsi (Sekprov) Fahrizal Darminto kepada Bupati Tulangbawang Winarti saat peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 Kabupaten Tulangbawang di Kecamatan Banjaragung, Selasa (7/12).

Baca Juga:   Bupati Pringsewu Terima Penghargaan Dari BPJS Ketenagakerjaan

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Pemkab Tulangbawang juga menerima penghargaan penanganan stunting dari Pemprov Lampung.

Kegiatan juga dirangkai dengan realisasi 25 program bergerak melayani warga (BMW) seperti penyerahan 15 unit ambulance, 4 sepeda motor untuk puskesmas, dan 6 rumah dinas untuk puskesmas.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan deklarasi setop buang air besar sembarangan serta pembacaan ikrarnya.

Bupati Tulangbawang Winarti saat memberikan sambutan mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi atas penghargaan dan sinergi yang baik dengan pemerintah daerah selama ini.

Salah satu sinergi tersebut, kata Winarti, adalah upaya pembangunan jalan ronggolawe kecamatan Banjaragung, sampai gerbang menuju kecamatan Rawapitu.

Baca Juga:   Tingkatkan PAD, Dua Kabupaten Jalin Kerjasama Pelayanan Uji Kendaraan

Saat memberikan laporan, Bupati di depan Sekprov Lampung menyampaikan jika sampai hari ini (7/12) Kabupaten Tulangbawang belum ada penambahan kasus positif COVID-19 dan konsisten dengan nol kasus.

Menurutnya, hal tersebut berkat kerja keras seluruh pihak terkait. Salah satunya tenaga kesehatan di seluruh Tulangbawang.

“Meski begitu, pemerintah daerah tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Hati-hati disaat libur Natal dan tahun baru,” pesan Bupati.

Senada, Sekprov Lampung Fahrizal Darminto juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di saat melakukan kegiatan.

Baca Juga:   Bupati Pringsewu Terima Penghargaan Dari BPJS Ketenagakerjaan

Ia juga mengimbau kepada warga yang belum mengikuti vaksinasi agar segera mendatangi puskesmas terdekat atau gerai vaksinasi yang disediakan untuk disuntik vaksin COVID-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tulangbawang Fatoni mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

“Dengan diperolehnya penghargaan ini merupakan bukti bahwa di masa pandemi COVID-19 ini Tulangbawang mampu ODF,” kata Fatoni.

Dia menyebut, kesuksesan Tulangbawang dalam menangani ODF saat ini merupakan hasil kerja keras bupati bersama OPD dan dinas terkait serta masyarakat. (nal/sur)






  • Bagikan