Pemkab Tubaba Beri Pelatihan Khatib

  • Bagikan
Foto dok Kominfo Tubaba

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemkab Tulang Bawang Barat (Tubaba) terus meningkatkan kompetensi dan kapasitas khatib, da’i atau mubaligh setempat. Salah satunya melalui Kegiatan Pelatihan dan Peningkatan Kualitas Khatib Masjid se-Tubaba. Kegiatan itu berlangsung di Sessat Agung Bumi Gayow Ragem Sai Mangi Wawai, Komplek Islamik Center Tubaba, Rabu (7/4). Para peserta yang merupakan para khatib yang bertugas di masjid dengan usia 20-45 tahun.

Para peserta dituntut untuk membuat naskah khutbah Jum’at yang akan di seleksi dan dinilai. Naskah terbaik akan diberikan reward oleh Pemerintah Daerah. Selain pelatihan, dalam kesempatan itu dilaksanakan pula Pelantikan MPD Ikatan Khatib Dewan Masjid Indonesia (MPD IK-DMI) Kabupaten Tubaba.


“Kita berharap, pembinaan dengan dasar keilmuan yang benar berlandaskan Al-Qur’an dan Al-Hadits ini tidak hanya menjadikan seorang khatib, da’i atau mubaligh semakin profesional, namun dapat meningkatan program pemerintah daerah dalam melakukan pencegahan dan penangkalan paham radikal di tengah Masyarakat Islam Indonesia yang majemuk,” kata H. Nurkolis Majid, S.IP, MM, Ketua Panitia Kegiatan Pelatihan dan Peningkatan Kualitas Khatib Masjid se-Tubaba dalam sambutannya.

Baca Juga:   Usulkan Pembangunan Museum Pers di Tubaba

Wakil Bupati Tuba Fauzi Hasan, SE, MM mengapresiasi kegiatan itu. Menurutnya, pelatihan ini sangat bermanfaat dan penting. Menurutnya, dibutuhkan kreativitas dan skill yang cukup bagi seorang khatib dalam menghadapi tuntutan zaman dengan problem masyarakat yang semakin kompleks.

“Khatib bukanlah sekadar petugas khutbah, namun pembimbing umat dengan memberikan tausiyah, mencari solusi terhadap permasalahan umat sesuai dengan ajaran Islam tertuang dalam Al Quran dan Hadist. Untuk itu, saya mengapresiasi kegiatan ini, sekaligus berharap kegiatan ini berjalan dengan baik dan tujuannya dapat tercapai,” singkatnya. (fei/rnn/wdi)




  • Bagikan