Pemkot Akomodasi Pembangunan Talud di Kelurahan Labuhan Ratu

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sering tergenang saat hujan tiba, Kelurahan Labuhan Ratu, Labuhan Ratu, usulkan pembangunan Talud di RT 12 LK 02 sepanjang 30 meter.

Usulan itu pun di akomodir oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung dan direncanakan akan di realisasikan pada APBD Perubahan tahun ini.


Lurah Labuhan Ratu, Mardani mengatakan, lokasi usulan talud tersebut berada di tepi rel kereta api dan berada lebih rendah dari rel kereta api. Sehingga saat hujan tiba, air akan turun kebawah dan berdampak pada rumah warga. Setidaknya, ada tiga rumah yang terdampak saat hujan tiba.

“Air masum kerumah warga, kalau hujan pasti banjir, karena memang tidak ada siring sebelumnya dan lebih rendah dari rel kereta,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Baca Juga:   Bakso Son Haji Sony Siap Kooperatif Penuhi Permintaan Pemkot

Ia melanjutkan, untuk antisipasi banjir, sementara dirinya bersama warga telah membuat siring sementara, sembari menunggu pembangunan talud. “Kita buat siring manuak sekitar 30 meter, untuk ngalirin air,” ucapkan.

“Insyaallah pihak kota akan realisasikan di perubahan tahun ini. Saya juga sudah kirim foto-foto dan video,” tuturnya.

Selain akan di buat Talud, tambah Mardani, dikelurahannya turut di perbaiki Talud yang ada disebutar Masjid Al-Azar talut sepanjang 17 meter yang sempat roboh. “Sudah diperbaiki oleh Dinas PU,” ujarnya.

Menurut Mardani bahwa keberadaan Talud penting, selain sebagai penyanggah, juga sebagai laju air untuk mencegah banjir. Sehingga pihaknya rutin menggelar Gerebek Sungai setiap Jum’at untuk membersihkan sampah yang menghambat laju air.

Baca Juga:   Akan Ada Monunen Soekarno di Jl. Gatot Subroto

“Ya rutin kita gotong royong seperti di Way Kandis, yang berbatasan dengan Kedaton selalu kita berhatikan dan bersihkan sampahnya. Begitu juga dengan dreinase yang di daerah padat penduduk,” ungkapnya. (Pip/yud)




  • Bagikan