Pemprov-HIPMI Gagas UMKM Center Lampung

  • Bagikan
Kepala Bappeda Lampung Mulyadi Irsan. Foto Rimadani Eka Mareta/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemprov Lampung bersama Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Lampung menggagas berdirinya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Center di Lampung.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung, Mulyadi Irsan menyebutkan Pemprov Lampung mendukung berbagai upaya untuk mendukung ekonomi kerakyatan di Lampung, maka Pemprov berencana membangun UMKM Center.


“Intinya pemerintah dalam rangka mendukung ekonomi kerakyatan salah satunya dengan penguatan UMKM yang punya kelas akan difasilitasi pasarnya sehingga UMKM yang terdampak bisa membantu perkuatan Ekonomi daerah. Namun dengan skala besar, se provinsi Lampung,” beber Mulyadi saat ditemui di Mahan Agung Rumah Dinas Gubernur Lampung, Kamis (21/10).

Baca Juga:   Transfer Dana Desa ke Lampung 2022 Turun Rp114,33 Miliar, Berikut Ini Rincian per Daerah

Menurutnya, ada kriteria yang akan ditetapkan bagi UMKM yang akan bergabung. Mulai standarisasi, kualitas, penguatan daya saing. Diperkirakan ada ratusan UMKM yang akan terlibat.

Di tambahkan Yuke Elvandari Kabid Pariekraf dan UMKM BPD HIPMI Provinsi Lampung, UMKM center ini akan mengusung konsep yang berbeda dibandingkan lokasi UMKM lainnya.

Di mana, konsep yang akan diusung adalah keren, menarik dan lebih milenial jadi ini tidak hanya di buat bangunannya saja namun benar-benar akan di optimalkan dari hulu ke hilir. “Jadi yang kami inginkan ialah UMKM center ini tetap bertahan di tahun-tahun selanjutnya dan tidak sembarangan UMKM bisa masuk. Jika kemudian ditengah perjalanan, ada UMKM yang tidak bisa maksimal maka akan di ganti dengan yang lain,” jelas Yuke.

Baca Juga:   Ketrampilan UMKM Lampung Makin Meningkat, Apindo Ingatkan Pentingnya Pembinaan

Nantinya, HIPMI berharap UMKM center dapat diisi berbagai sektor UMKM seperti makanan, kerajinan , oleh-oleh. “Kita akan berkordinasi degan pemda yang sudah punya daftar UMKM akan di Libatkan nanti dilihat yang punya potensi mana saja sehingga ada standar tertentu yang bisa di siapkan. Harapannya progam ini bisa berjalan dan semoga manfaat nya banyak untuk para UMKM,” tandasnya. (rma/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan