Pemprov Lampung Ajak UMKM Sertifikasi Halal dan BPOM


Kadis, Sekretaris, Hingga Kabid di Lamteng Wajib Uji Kompetensi, Siapa Saja ?
ILUSTRASI/FOTO NAWASIS.ORG

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemprov Lampung dukung pelaku Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) di Lampung untuk lakukan sertifikasi halal dan sertifikat BPOM pada produk yang dihasilkan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, Syamsurizal Ari.

“Iya kami memang mendorong para pelaku usaha khususnya UMKM untuk mendaftar kan Sertifikat halal produk yang dihasilkan mereka,” ungkap Syamsurizal.





Dirinya mengatakan hal ini guna membantu penjualan produk UMKM. Untuk itu, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung siap untuk membantu dengan memberi pelatihan tata cara sertifikasi halal.

“Untuk sertifikasi halal ini sangat penting. Apalagi produk hasil keluaran UMKM ini kan beragam. Kami juga telah melakukan pelatihan tentang tatacara sertifikasi halal, dan mengundang pemateri langsung di bidangnya sehingga tidak ada ketakutan akan sulitnya pengurusan ataupun biaya yang mahal terlebih telah ada pemangkasan biaya,” tambahnya.

Baca Juga:   Jadi UMKM Ramah Lingkungan, Klaster Usaha Binaan BRI Purun Eco-Straw Mendapat Apresiasi di Sidang Umum PBB

Tidak hanya sertifikasi halal, Syamsurizal juga mengajak pelaku UMKM untuk mengurus izin BPOM (Balai Pengawasan Obat dan Makanan), serta sertifikasi pengurusan ekspor.

“Kami juga membantu para pelaku UMKM ini ingin melakukan ekspor, atau sertifikat BPOM. Ini memang sebagai upaya kami dalam meningkatkan produk UMKM agar tidak hanya bisa di pasarkan di lokal saja, melainkan juga bisa di internasional,” tandasnya. (rma/wdi)