Pemprov Lampung Akan Tambah Infrastruktur Jaringan Internet Pada Blank Spot Area

  • Bagikan
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Lampung Zaidirina. Foto Prima Imansyah Permana/RADARLAMPUNG.CO.ID 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dianggap penting untuk dukung program Smart Village dan Kartu Petani Berjaya (KBP), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan tambah infrastruktur jaringan internet pada Blank Spot Area di Lampung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Lampung Zaidirina menuturkan ada 749 desa di Lampung masih Blank Spot. Tentunya Pemprov tengah mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut.


Karena, menurut dirinya kondisi geografis Lampung daerah dataran tinggi yang banyak pegunungan dan perbukitan. Sehingga mempersulit pembangunan infrastrultur jaringan internet dan pemancaran jaringan internet yang terhalang gunung atau perbukitan.

“Kalau di dataran satu tower pemancar provider bisa menjangkau hingga radius 30 Kilometer. Namun jika di pegunungan tentu lebih sulit. Di Lampung sendiri ada 749 desa yang masuk Blank Spot Area yang tersebar di seluruh kabupaten,” tuturnya usai menghadiri rapat di Ruang Karo Perekonomian, Selasa (16/2).

Baca Juga:   Pemprov Wacanakan Pembentukan Klaster Usaha Peternakan

Sebab menurut Zaidirina, jaringan internet menjadi hal utama untuk mendukung Program Smart Village dan Kartu Petani Berjaya (KBP). Dan hari ini pihaknya telah mengundang rapat tiga perusahaan provider untuk memenuhi  kebutuhan internet dan sinyal di 749 desa tersebut.

“Tadi didalam ada dari XL, Telkomsel dan Nusa Net. Mudah-mudahan bisa segera terealisasi menghilangkan Blank Spot Area di Lampung ini. Pak Gub juga sudah buat surat untuk Kementerian Kominfo RI untuk membantu,” tuturnya.

Para provider pun diminta dalam 10 hari untuk merinci pembayaran dan lainnya. “Selain itu bagaimana caranya bisa bekerjasama dengan Pemprov maupun Pemkab. InsyaAllah dalam 10 hari ini sudah ada kesimpulannya,” ungkapnya.

Baca Juga:   33 Agenda Kerja Gubernur Tetap Jadi Acuan

Ini Rincian 749 desa yang masih Blank Sport Area atau tidak punya sinyal internet di Provinsi Lampung :

– Lampung Barat : 25 titik

– Lampung Tengah : 55 titik

– Pesisir Barat : 73 titik

– Tanggamus : 34 titik

– Lampung Selatan : 55 titik

– Way Kanan : 85 titik

– Lampung Barat : 36 titik

– Lampung Timur : 82 titik

– Pringsewu : 22 titik

– Mesuji : 33 titik

– Pesawaran : 42 titik

– Lampung Utara : 133 titik

– Tulang Bawang : 74 titik.

(pip/sur)




  • Bagikan