Pemprov Lampung Tetapkan Enam Prioritas Pembangunan Daerah di 2020

  • Bagikan
Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo membuka secara resmi Musrenbang RKPD Provinsi 2019. Foto Anggie Rhaisa/radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id – Gubernur Lampung Ridho Ficardo membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Lampung 2019 di Ballroom Hotel Novotel, Bandarlampung, Selasa (26/3).

Dalam sambutannya, Ridho menyampaikan usulan pemerintah Lampung untuk dapat diakomodir dalam penyusunan Rencana kerja Pembangunan (RKP) Tahun 2020 maupun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024 difokuskan 3 bidang besar.


Pertama, kata dia, dalam bidang pembangunan manusia. Kedua bidang pembangunan ekonomi, dan ketiga dalam bidang pembangunan infrastruktur. 

Disadarinya, Tahun 2020 merupakan tahun Pertama pelaksanaan RPJMN maupun RPJMD Provinsi Lampung Tahun 2020-2024, di mana RPJMD ini merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan RPJP Tahun 2005-2025.

“Hal ini menjadi momen penting bagi kita untuk memacu pencapaian sasaran dan target pembangunan yang ditetapkan dalam dokumen perencanaan yang telah disepakati oleh Pemerintah Daerah bersama DPRD,” kata Ridho.

Baca Juga:   Gubernur Lampung, Ancam Tutup Perusahaan yang Lakukan Pelanggaran

Untuk itu, sambungnya, Pemprov Lampung telah menetapkan Tema Pembangunan Tahun 2020 yang bertajuk “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Melanjutkan Pembangunan Ekonomi Untuk Mengurangi Kemiskinan” dengan 6 (enam) Prioritas Pembangunan Daerah.

Yakni, Pembangunan SDM dengan pengarustamaan gender, pemberdayaan kaum difabel dan perlindungan anak; Meningkatkan Nilai Tambah Produk Unggulan untuk Mengurangi Kemiskinan dan Ketimpangan; Reformasi Birokrasi;  Infrastruktur untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas; Kehidupan yang Religius, Aman, Berbudaya dan Inovatif; serta Pembangunan Berkelanjutan dan Mitigasi Bencana.

Tidak hanya itu saja, Ridho juga menyampaikan apresiasinya atas peran serta Pemerintah Kabupaten/Kota maupun perangkat daerah dalam pelaksanaan pembangunan. Karenanya pada kesempatan itu, Pemprov Lampung juga memberikan Penghargaan Pembangunan Daerah Sai Bumi Ruwa Jurai (PPD-Saburai), yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota serta OPD Pemerintah Provinsi Lampung atas partisipasi di bidang perencanaan pembangunan serta pencapaian target pembangunan daerah;

Baca Juga:   Perkara Benih Jagung, Mantan Pejabat Pemprov Lampung Dilimpahkan ke Kejari

Lalu, Penghargaan Lampung Sejahtera (PLS) diberikan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota atas komitmen dan kinerja dalam pelaksanaan program percepatan penanggulangan kemiskinan.

“Saya ucapkan selamat kepada Kabupaten/Kota dan OPD yang meraih penghargaan tersebut, dan diharapkan prestasi ini dapat menjadi pendorong bagi Kabupaten/Kota dan OPD lainnya di Lingkup Pemerintah Provinsi Lampung untuk terus meningkatkan kualitas dan inovasi dalam melaksanakan pembangunan mulai dari proses perencanaan hingga pencapaian target pembangunan,” tandasnya. (gie/kyd)




  • Bagikan