Pemprov Siapkan Rp8 M Bikin Akses Jalan Pelabuhan Sebalang

  • Bagikan
Asisten II Ekbang Setprov Lampung Taufik Hidayat memimpin rapat jalan Pelabuhan Sebalang, kamis (7/2). foto humas Pemprov Lampung

radarlampung.co.id-Pembangunan jalan menuju Pelabuhan Sebalang, Lampung Selatan (Lamsel) jadi sorotan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung. Pemprov bahkan menganggarkan Rp8 miliar untuk akses jalan ke pelabuhan tersebut nantinya.

Asisten II Bidang Ekbang Setprov Lampung,  Taufik Hidayat mengatakan,  tidak hanya pemprov yang memplot anggaran. Pemkab Lampung Selatan pun memplot anggaran sebesar Rp4 miliar dalam APBD 2019. Hal tersebut diungkapkannya usai rapat di Pemprov Lampung,  Kamis (7/2).

Anggaran yang di plot di TA 2019 oleh pemprov dan pemkab Lamsel ini, guna membangun jalan sepanjang 3,3 kilometer. Rencananya pekan depan Pemprov, Pemkot serta Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Panjang akan melakukan peninjauan lapangan. Tujuannya untuk mengetahui detail permasalah yang ada dan juga melakukan pembagian tugas.”Desk tugasnya apa saja nanti akan kita bicarakan lebih detail. Setelah kita cek lokasi, ” ujarnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung ini mengatakan,  anggaran yang diplot masih belum sesuai dengan rencana pekerjaan. Untuk itu,  rencananya tahun depan rencananya akan dianggarkan lagi dalam APBD tahun 2020.

“Masih belum cukup tapi akan kita lakukan secara maksimal. Nah,  pelabuhan ini kan pelabuhan pengumpul besar. Kendaran berat banyak keluar masuk nantinya. Desainnya juga harus menyesuaikan, ” jelasnya.

Taufik merincikan paling tidak lebar jalan yang dibutuhkan 7 meter dengan perkerasan menggunakan rigid beton. Dengan struktur drainase jalan yang harus difikirkan secara matang. “Sebab untuk mengantisipasi banjir. Kita juga minta pemkab untuk melakukan pelebaran saluran air di daerah sebalang, ” kata dia. (abd/wdi)

 




  • Bagikan