Pemprov Tunggu Usulan Surat Rekomendasi Penetapan Keda Terpilih Pesbar

  • Bagikan
Ilustrasi Pilkada. (dok Jawa Pos)

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menunggu rekomendasi penetapan pasangan kepala daerah Agus Istiqlal-Zulqoini dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat, untuk mengusulkan surat usulan pelantikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kabid Otonomi Daerah (OTDA) Biro Pemerintahan dan OTDA Sekretariat Pemprov Lampung Koharuddin mengatakan, pihak Pemkab Pesisir Barat dalam hal ini Kepala Bagian Pemerintahan dan OTDA telah melakukan koordinasi dengan Bagian OTDA Provinsi Lampung.

“Ya, tadi sudah koordinasi, mereka menyampaikan bahwa KPU (Pesisir Barat, red) sudah menggelar pleno, dan masih menunggu Paripurna Dewan untuk proses selanjutnya,” ujarnya kepada Radarlampung.co.id, Senin (22/3).

Menurut Koharuddin, pihaknya masih menunggu tahapan yang dilakukan di Pesisir Barat mengenai proses lanjutan pasca pasangan Agus Istiqlal-Zulqoini ditetapkan oleh KPU setempat menjadi Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat terpilih.

Baca Juga:   Pemeriksaan Surat Negatif Covid-19 Masih Berlaku di Tol dan Bandara

“Kita masih menunggu, setelah paripurna mereka (Pemkab,red) sampaikan surat Pak Gubernur Lampung. Baru kita teliti berkasnya. Selanjutnya, kita buat surat ke Menteri. Dari menteri kita nunggu, kapan SK dan jadwal pelantikan turun,” ujarnya.

Sehingga, menurut Mantan Camat Natar itu, pihaknya belum bisa memperkirakan mengenai jadwal pelantikan pasangan kada tersebut. “Kita belum bisa memperkirakan kapan waktu pelantikannya,” terangnya.

Diketahui, pasangan Agus Istiqlal-Zulqoini Syarif telah ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih dalam pilkada 2020. Ini diputuskan pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Barat, Sabtu (20/3) lalu.

Penetapan tersebut tertuang dalam surat keputusan KPU Pesbar Nomor: 07/PL.02.7-Kpt/1813/KPU-Kab/III/2021 tanggal 20 Maret 2021 tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Pesbar tahun 2020. (pip/sur)



  • Bagikan