Pemprov Wacanakan Pembentukan Klaster Usaha Peternakan

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Pemerintah provinsi (Pemprov) Lampung mewacanakan pembentukan klaster usaha peternakan. Hal ini dimulai dengan menggali potensi peternakan yang ada di daerah-daerah.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Lili Marwati mengatakan, saat ini pengembangan potensi peternakan melalui klaster usaha peternakan masih dalam tahap perencanaan.


“Pengembangan klaster itu nantinya akan menyasar ke sejumlah tempat sebagai percontohan. Ada yang perternakan ayam petelur atau peternakan kambing,” katanya, Kamis (16/9).

Adapun wilayah-wilayah tersebut antara lain kecematan Gadingrejo dan kabupaten Pringsewu sebagai tempat peternakan ayam petelur. Kemudian peternakan kambing di kabupaten Tanggamus.

Di samping itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan perbankan dalam hal ini BRI untuk membuka akses permodalan bagi peternak di provinsi Lampung.

Baca Juga:   Terus Dorong Geliat UMKM, BRI Gelar Bazaar Klaster Mantriku

“Kami sudah menjalin komunikasi juga dengan BRI untuk peningkatan akses permodalan. Serta pengembangan klaster pelaku usaha peternakan di provinsi Lampung, sehingga value chain yang di dapat peternak lebih besar,” katanya.

Dia berharap, dengan adanya pembentukan klaster usaha ternak ini dapat memberikan dukungan terhadap ketahanan pangan dan pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan klaster.

Pilot project klaster peternak ini akan dimulai di Gadingrejo untuk peternak ayam petelur. Sebab di daerah tersebut, usaha peternak ayam petelur sudah cukup banyak.

Para peternak ini bahkan sudah membentuk koperasi PPN Lampung berjaya. Sehingga proses klasterisasi dapat lebih mudah dilakukan.

“Karena minimal pembetukan klaster ada 15-20 kelompok usaha. Selain itu, di sana para peternak ayam petelur sudah membentuk koperasi, sehingga klasterisasi lebih mudah,” tandasnya. (Ega/yud)




  • Bagikan