Pemuda Waykanan Bedah Buku Jelang Pilkada Serentak 2020

  • Bagikan
Kegiatan bedah buku yang dilaksanakan oleh para pemuda Waykanan. FOTO HERMANSYAH/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Jelang Pilkada Serentak 2020, Pemuda Waykanan Bedah Buku Menjaga Kewarasan Demokrasi Indonesia yang diikuti oleh Angkatan Muda Muhammadiyah se- Kabupaten Waykanan, Jumat (15/11). Acara bedah buku yang bertemakan “Menjaga Kewarasan Demokrasi Indonesia” itu langsung dihadiri penulisnya Agus Riyanto yang juga Anggota KPU Provinsi Lampung.

Agus Riyanto mengatakan kewarasan demokrasi itu sendiri dapat diukur dari nilai ideologi sebagai dasar bernegara. “Jangan sampai demokrasi malah menjadi pemecah kita dalam bernegara. Karena berdemokrasi itu tidak hanya 5 tahunan sekali, melainkan nilai-nilai demokrasi harus kita biasakan dalam kehidupan sehari-hari dan kita harus peduli dengan demokrasi yang jujur, bersih sehingga kita selaku rakyat benar-benar bisa berdaulat,” ujar Agus.

Sementara itu, Indra Zakariya Rayusman selaku Kabag Hukum Pemda Waykanan menjelaskan bahwa tatanan Demokrasi yang ada di Indonesia saat ini sudah cukup baik, tinggal pelaksanaanya yang harus lebih sungguh-sungguh.

“Sehingga dapat melahirkan pemimpin-pemimpin yang baik dapat mensejahterakan rakyat sebagai tujuan dari pada demokrasi itu sendiri bukan mensejahteraka diri pribadi golongan dan kelompoknya saja,” jelasnya

Pernyataan Indra Zakaria Rayusman tersebut didukung oleh Yesi Karnainsyah yang menekankan bahwa KPU, Bawaslu, DKPP itu adalah pelaksana dari Undang-undang, selama tidak main-main dalam menjalankan tugas, maka pemilu yang mandiri, jujur, adil, dan akuntabel akan terwujud.

“Kalau dikatakan KPU, Bawaslu dan atau DKPP tidak baik tentu salah kalau oknumnya mungkin ada yang salah. Karena pada dasarnya lembaga-lembaga itu dibentuk sebagai sistem yang sistematis untuk melaksanakan atau untuk apresiasi. Animo masyarakat tentang keinginan mempunyai pemimpin yang baik dapat membawa kesejahteraan bagi rakyat banyak,” pungkasnya. (sah/ang)




  • Bagikan