Penayangan Tender Capai 90%, BPBJ Optimis Tender DAK Selesai Sebelum 21 Juli

  • Bagikan
ILUSTRASI/google images

RADARLAMPUNG.CO.ID- Progres penayangan tender Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung tahun 2021 melalui Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Sekretariat Provinsi (Setprov) Lampung telah mencapai 90%. Hal tersebut diungkapkan Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setprov Lampung Slamet Riyadi melalui Kabag Pembinaan dan Advokasi, Wayan Purwanajata.

Menurutnya, hingga minggu ini total paket yang sudah ditayangkan mencapai 90%. “Untuk di tahun 2021 ini setidaknya ada sekitar 400 paket, baik bersumber dari APBD maupun Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat yang di tenderkan melalui Webside lpse.lampungprov.go.id,” beber Wayan, Rabu (23/6).

Untuk DAK, dalam ketentuannya, jika 21 Juli mendatang belum sampai tahap tandatangan kontrak, bakal hangus. “Jadi kita optimis dalam waktu tidak sampai satu bulan ini tande dari DAK dapat terserap semua. Karena kalau melewati batas waktu 21 Juli jika diteruskan akan membebani APBD kita,” tambahnya.

Baca Juga:   70 Ribu Pekerja PPKM Level 3 dan 4 di Lampung Masuk Data Penerima BSU

Di minggu ini, lanjut Wayan ada 110 paket DAK dari tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ditayangkan. Ketiganya, yaitu Dinas Pendidikan 106 paket, Dinas PSDA (Pengelolaan Sumberdaya Air) satu paket, dan Dinas Kelautan dan Perikanan tiga paket.

Sedangkan untuk paket dari DAK yang telah Tender sebanyak 145 paket dari 17 OPD, dengan total anggaran sekitar Rp258,4 miliar. “Jadi anggaran di 110 paket DAK yang tayang minggu ini sekitar Rp200 miliar,” ungkapnya.

Sedangkan untuk tender dari APBD, kata Wayan setidaknya ada 138 paket yang tengah dalam proses tender dan selesai tender, dengan total anggaran Rp 50 Miliar. “Jadi minggu ini sudah 350 paket yang ditanyangkan atau kalau di persentasi 90% dari total paket,” tandasnya. (rma/wdi)




  • Bagikan