Pencairan Dana Desa Terganjal Rekomendasi Camat

  • Bagikan
ZURIADI
ZURIADI

radarlampung.co.id – Pencairan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) sejumlah desa di Pesawaran masih terhambat rekomendasi camat. Secara keseluruhan, dana untuk 144 desa triwulan pertama sudah dicairkan.

”Sebagian desa sudah. Sebanyak 20 persen DD dan 25 persen ADD triwulan pertama sudah cair,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pesawaran Zuriadi, Rabu (27/3).

Dikatakan, mekanisme pencairan DD dibagi tiga tahap. Sedangkan ADD dicairkan dalam empat tahap, masing-masing 25 persen. ”Kalau DD tahap pertama 20 persen dari total sekitar Rp105 miliar,” ujarnya

Dari 11 kecamatan di Pesawaran, lanjut Zuriadi, Kecamatan Wayratai, Telukpandan, Padangcermin, Punduhpedada dan sebagian Negerikaton masih dalam proses. ”Ada beberapa desa yang masih menunggu rekomendasi dari camat,” jelasnya.

Baca Juga:   Gelapkan Anggaran Dana Desa, Petugas Desa Dituntut Tinggi

Sebelumnya, pencairan tahap pertama dana desa dan alokasi dana desa (ADD) untuk 144 desa diperkirakan akan digulirkan Maret. ”Masih ada  beberapa desa yang masih direvisi APBDes 2019. Termasuk laporan realisasi APBDes 2018. Namun secara keseluruhan, desa sudah menyelesaikannya,” sebut Zuriadi.

Anggaran dana desa 2019 untuk 144 desa mencapai Rp155,64 miliar dan alokasi dana desa sebesar Rp69,90 miliar serta DBH mencapai Rp3,02 miliar. (ozi/ais)

 





  • Bagikan