Pencapaian KB Tubektomi Lambar Tertinggi di Lampung

  • Bagikan
M. HENRY FAISAL

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pelayanan KB tubektomi atau metode operasi wanita (MOW) di Lampung Barat over target. Dari 10 orang yang ditargetkan tahun ini, per 31 November lalu telah tercapai 30 orang atau 300 persen dari target.

Ini menjadikan kabupaten itu sebagai daerah dengan pencapaian KB tubektomi tertinggi di Lampung.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Lambar Muhammad Henry Faisal mengatakan, MOW merupakan pelayanan KB yang cukup sulit.

Ini menyebabkan peminatnya sangat minim. Namun melalui penyuluhan yang dilakukan, pelayanan mencapai 300 persen.

“Dengan realisasi 300 persen, menempatkan Lambar sebagai daerah dengan pencapaian KB MOW tertinggi di Lampung. Insya Allah dalam waktu dekat akan menerima penghargaan dari BKKBN Lampung,” kata Henry, Rabu (2/12).

Baca Juga:   Tak Patuh Prokes Saat ke Pasar, Warga Suoh Positif Covid-19

Dijelaskan, KB MOW atau tubektomi merupakan jenis KB steril atau metode kontrasepsi permanen. Prosedurnya dilakukan dengan mengikat tuba falopi atau saluran sel telur sehingga tidak lagi dapat bertemu dengan sperma dan melakukan pembuahan.

”Tingkat keberhasilan jenis KB steril terbilang tinggi. Karena peluang kehamilan sangat kecil. Umumnya KB steril dipilih oleh pasangan yang memutuskan untuk tidak memiliki keturunan lagi ataupun Ibu yang memiliki kondisi medis tertentu dan berisiko jika hamil kembali,” ungkapnya. (nop/ais)

 



  • Bagikan