Pencuri Motor di Kantor Sopian Sitepu Berasal dari Lampung Timur

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Unit Reskrim Polsekta Sukarame berhasil menangkap dua pelaku pencurian sepeda motor yang beraksi di kantor Pengacara Sopian Sitepu, pada Februari 2021 lalu. Pelaku diamankan pada Kamis (4/3).

Kanit Reskrim Polsekta Sukarame, Ipda Supratman menjelaskan, kejadian tersebut berawal dari adanya laporan korban pada 19 Februari 2021, lalu.


Korban, melaporkan kendaraan sepeda motornya yang hilang saat diparkir di Martabak 999 RM Kayu, tepatnya di jl. AR. Hakim, Jagabaya, Wayhalim, Bandarlampung.

“Setelah mendapatkan laporan, Unit Reskrim Polsek Sukarame melakukan penyelidikan. Mengecek TKP, cctv dan mengumpulkan keterangan saksi. Dari cctv kita selidiki ciri-ciri kendaraan, helm dan baju yang digunakan tersangka,” katanya.

Selama dua minggu penyelidikan, sambung dia, diketahui pelaku berasal dari Lampung Timur. Petugas juga berhasil mengantongi nama kedua pelaku dan segera melakukan penangkapan.

“Kemudian, kita dapat info yang bersangkutan (pelaku, red) ada di rumah. Tim opsnal kemudian langsung menuju Lampung Timur, tepatnya di Gunung Sugih Besar,” tambahnya.

Baca Juga:   Buru Pembobol Minimarket, Polresta Bandarlampung Bentuk Tim

Saat itu, petugas pertama kali mengamankan Agus Kuncoro (19). Saat itu, Agus mengakui perbuatannya pada petugas dan membenarkan jika dirinya beraksi bersama Muhammad Fredi (18). Berdasarkan pengakuan Agus, petugas kemudian segera berupaya mengamankan pelaku lainnya.

“Namun saat didatangi ke rumah, pelaku atas nama Fredi ternyata tidak ada. Petugas kemudian berpesan kepada orang tua pelaku untuk dapat menyerahkan putra mereka ke Polsek Sukarame,” katanya.

Setelah itu, orang tua Fredi menyerahkan putra mereka ke Polsek Sukarame sekitar pukul 21.00 wib, Kamis (4/3).

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, kedua pelaku selama ini telah beraksi sebanyak 3 kali di wilayah hukum Polsek Sukarame.

Diantaranya di Martabak 999 RM Kayu jl. AR. Hakim, Jagabaya, Wayhalim, Bandarlampung, SMK 5 Bandarlampung, serta di kantor Pengacara Sopian Sitepu.

Bersama pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti berupa 1 unit sepeda motor Honda Beat warna biru, 2 buah helm, dan 1 buah baju sweater hijau yang digunakan pelaku saat beraksi.

Baca Juga:   Perkara Benih Jagung, Mantan Pejabat Pemprov Lampung Dilimpahkan ke Kejari

“Hingga saat ini, kita juga masih melakukan pengembangan lebih lanjut terkait kasus ini. Kedua pelaku ini akan diancam dengan pasal 363 dan hukuman penjara selama 7 tahun,” tandasnya.

Kepada petugas, Agus Kuncoro juga mengakui perbuatannya. Dia mengatakan, selama ini telah melakukan pencurian kendaraan bermotor sebanyak tiga kali di wilayah Bandarlampung.

Saat beraksi, dirinya berboncengan bersama Fredi dan menyisir beberapa wilayah di Bandarlampung. “Dari kampung (Lampung Timur, red) boncengan sama Fredi, muter-muter di sini (mencari korban),” katanya.

Dia mengaku, biasanya tiba di Bandarlampung sekitar sore hari dan mulai beraksi pada malam hari. Saat melakukan aksinya, Agus hanya berbekal kunci T untuk merusak kontak sepeda motor korban.

“Pakai kunci T. Kalau sudah berhasil, saya bawa motor curiannya dan Fredi bawa motor sendiri pulang ke kampung,” tandasnya. (Ega/yud)




  • Bagikan