Penerbitan Surat Utang Jangka Pendek pada April Rp 4,65 T

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatatkan nilai penerbitan surat utang jangka menengah (medium term notes/MTN) senilai Rp 4,65 triliun, sepanjang April 2018 dari 23 emisi oleh 20 perusahaan. Kenaikan peringkat utang Indonesia oleh Mooddy’s Investors Service membuat perusahaan lebih percaya diri terhadap kondisi ekonomi Indonesia.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji mengatakan kenaikan rating utang Indonesia dari Mooody’s dengan outlook stabil memberikan pengaruh yang positif bagi perusahaan untuk menerbitkan MTN, sebagai salah satu sumber alternatif pembiayaan.

“Karena sifatnya medium term maka opsi MTN lebih efisien dibandingkan dengan opsi pendanaan lainnya,” kata Nafan, Senin (30/4).

Meski demikian, dia menilai penerbitan MTN ini cenderung dalam nominal nilai yang kecil saja pasalnya penerbitan MTN ini lebih mudah dan cepat prosesnya.

Baca Juga:   Triwulan II 2021, NPL bank bjb Terjaga di Tingkat Rendah

Biasanya, penggunaan dana dari penerbitan MTN ini bisa beragam tergantung kebutuhan dana dari perusahaan tersebut. Namun, Nafan menilai investor akan lebih mengapresiasi jika MTN tersebut ditujukan perusahaan untuk kebutuhan ekspansi bisnis.

“Karena berkeyakinan bahwa ekspansi bisnis tsb ditujukan dalam rangka meningkatkan kinerja fundamental perusahaan ke depannya,”imbuh dia. (cnb/ynk)




  • Bagikan