Pengamatan Dari Itera, Hilal Belum Terlihat


Mahasiswa Itera saat melakukan pemantauan hilal Ramadhan 1443 H dengan teleskop OZT-ALTS , Jumat (1/4). FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Observatorium Astronomi Institut Teknologi Sumatera (Itera) melakukam pengamatan hilal Jumat (1/3) petang. Hasilnya, hilal tidak terlihat pada waktu yang ditentukan.

Tim pengamatan OAIL Robiatul Muztaba mengatakan, dari hasil pengamatan, hilal belum terlihat.





“Berdasar pemantauan kita, ketinggian tadi 1,3 derajat, jadi cukup sulit. Besok kita akan kembali mengamati hilal, untuk memastikan bentuk sabit. Untuk sementara prediksinya, puasa Minggu,” kata Robiatul Muztaba.

Menurut Robiatul, pengamatan menggunakan lima teleskop yang digunakan untuk warga agar bisa belajar menggunakan pealatan tersebut.

Sementara Badan Hisab dan Rukyat Kantor Kementerian Agama Lampung Lemra Horizon mengatakan, pihaknya juga belum mendapatkan informasi terkait laporan lain dari wilayah di Indonesia.

”Selain di Itera, saya mendapatkan laporan semuanya berawan pada derajat tersebut. Kita tunggu saja sidang Isbat. Hari ini tidak terlihat, kemungkinan itu istikmal digenapkan menjadi 30 hari. Tapi kalau ada yang terlihat dan hilal tinggi besok, itu 1 Ramadhan,” kata dia. (mel/ais)