Pengembangan Potensi UMKM Tubaba, Fauzi Hasan Ingatkan Peran Aktif Pemerintah Tiyuh 

  • Bagikan
Wabup Tubaba meninjau pengolahan tepung Casava di Tumijajar. Foto dok Kominfo Tubaba

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemerintah tiyuh di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) diharapkan dapat terus berupaya mengembangkan potensinya, terutama dalam rangka mendorong peningkatan di sektor perekonomian masyarakat. Salah satunya adalah melalui potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang kini terus tumbuh dan bergerak di masing-masing tiyuh.

Demikian diungkapkan oleh Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan, SE, MM, saat Rapat Koordinasi Pemkab Tubaba yang berlangsung di Taman Tiyuh Makarti, Kecamatan Tumijajar, Rabu (24/3).”Untuk itu, setiap tiyuh harus mampu melahirkan program-program inovatif sesuai dengan potensi yang ada di tiyuh, termasuk dalam upaya mengembangkan UMKM,”ungkapnya.


Menurutnya, dalam memajukan dan mengembangkan UMKM, dukungan dan peran aktif pemerintah tiyuh sangat dibutuhkan. Sebab, tidak menutup kemungkinan para pelaku UMKM menghadapi sejumlah kendala dalam melaksanakan usahanya tersebut.”Disinilah peran pemerintah tiyuh sebagai fasilitator dalam menemukan permasalahan yang dialami oleh UMKM dan kemudian bersama-sama mencari solusi yang tepat untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi,”terangnya.

Baca Juga:   Sinergi Terbentuk ! Simak Strategi BRI Pacu Ekosistem Ultra Mikro 

Misalnya, lanjut Fauzi, sebuah UMKM mempunyai kelemahan dalam hal pemasaran produk, maka tiyuh selayaknya dapat membantu memasarkannya melalui usaha-usaha tiyuh.”Pemkab pun dalam hal ini sangat mendukung upaya-upaya itu, bahkan di belakang Islamic Center saat ini sudah kita bangun lokasi tempat berjualan. Nah, tiyuh juga bisa memanfaatkan lokasi tersebut untuk memasarkan hasil produk UMKM,”ulasnya.

Peran aktif yang seperti itu diharapkan akan sangat membantu untuk kemajuan UMKM agar lebih baik lagi. Selain didukung oleh peran aktif dari pemerintah tiyuh, tentunya para pelaku UMKM juga harus terus berupaya berinovasi dalam mengembangkan produk-produk usahanya.”Kita berharap UMKM sebagai  penopang pertumbuhan ekonomi masyarakat dapat terus maju dan berkembang di Tubaba,”harapnya.(fei/rnn/wdi)




  • Bagikan