Penggerak Nenemo Kawal Pendidikan Karakter Pelajar di Tubaba

  • Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tubaba Budiman Jaya, S.STP,.M.IP. Foto dok

RADARLAMPUNG.CO.ID-Sepuluh orang Penggerak Nenemo hasil rekrutmen untuk tahun 2021 secara resmi telah dikukuhkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba). Dengan begitu, mereka dipastikan telah siap melaksanakan tugas mendorong kemajuan pendidikan di daerah setempat. Mereka berasal dari sejumlah daerah di Indonesia, dan sebelumnya telah menjalani seluruh tahapan seleksi yang dilaksanakan dalam Program Tubaba Cerdas.

Para Penggerak Nenemo tersebut yakni Oktavia Yasmin (Jember-Jawa Timur), Sirli Kartika Putri (Jambi), Qudsiah Nur Avia (Jepara-Jawa Tengah), Mar’atis Sholikhah (Ngawi-Jawa Timur), Umi Nadzifah (Jember-Jawa Timur), Meidika Wahyu Utama (Oku Timur-Sumsel), Burhanuddin (Tanggamus), Indah Safitri (Bandar Lampung), Ravika Lisa Indra (Sumatera Barat), dan Nurjannah Siregar (Sumatera Utara).

Kepala Disdik Kabupaten Tubaba Budiman Jaya, S.STP, M.IP didampingi Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Rensi Pebreni, SE, M.Si mengatakan,  tugas utama para Penggerak Nenemo tersebut adalah mendorong kemajuan pendidikan di daerah setempat, dengan menitikberatkan pada pendidikan karakter bagi para pelajar.

Baca Juga:   Kasus Narkoba, Satu ASN Tubaba Diamankan Polisi

“Dalam tugasnya, mereka akan mendampingi, membimbing, dan melatih para Guru Penggerak yang ada di sekolah-sekolah dalam penerapan pendidikan karakter bagi pelajar. Saat ini, kita sudah punya 245 guru penggerak yang tersebar di seluruh sekolah,”ungkapnya saat berbincang-bincang dengan Radar Tuba di ruang kerjanya,  Rabu (10/2/2021) siang.

Pendidikan karakter yang dimaksud, lanjutnya, yakni Nemen, Nedes, Nerimo – Sederhana, Setara, dan Lestari (Nenemo-SSL) yang telah dicanangkan sejak tahun 2019 oleh Bupati Tubaba, Umar Ahmad. Dengan penerapan pendidikan karakter ini secara konsisten, diharapkan akan tumbuh generasi Tubaba yang beridentitas Nenemo-SSL, pendidikan karakter diharapkan menjadi fondasi yang akan mempengaruhi perilaku dan kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:   Kadisnakkeswan Tubaba Beber Tips Mudah Pilih Daging Sehat, Apa Saja ?

“Jadi, pendidikan karakter adalah fondasi pengenalan jati diri bagi anak-anak Tubaba, sehingga penumbuhkembangan karakter sangat penting dimulai dari sejak dini dan berlanjut pada usia anak memasuki sekolah. Nah, disinilah tugas dari Penggerak Nenemo dan Guru Penggerak untuk mengawal Pendidikan Karakter Nenemo-SSL agar berjalan dengan baik sesuai harapan di seluruh satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar,”tandasnya.

Baca Juga:   Disdikbud Tubaba Isi Ramadan dengan Tadarus Al-Qur'an

Diketahui, program-program unggulan sebagai wujud inovasi di bidang pendidikan dihadirkan sebagai upaya mempercepat kualitas dan kemajuan pendidikan di Tubaba yang bersifat nonmaterial. Salah satunya adalah pendidikan karakter Nenemo-SSL yang dinilai sangat penting dalam rangka menyiapkan generasi selanjutnya menjadi orang-orang yang mengenal jati dirinya sebagai bangsa Indonesia, bertumbuh dalam karakter-karakter terbaik. (fei/wdi)



  • Bagikan



Diduga Bunuh Diri, Pemuda Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Lampung Barat Diguncang Gempa Tektonik Bejat! Paman Cabuli Keponakan Hingga Hamil Delapan Bulan