Penghitungan Suara Paling Rawan di Tingkat Kecamatan

  • Bagikan
Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono

RADARLAMPUNG.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung memetakan tahapan yang diduga bakal memunculkan kerawanan dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono mengatakan, tingkat kerawanan paling tinggi proses penghitungan suara terjadi di tingkat kecamatan.


“Menurut kami titik strategis kunci pemilu pemenangan parpol, DPR RI, DPD RI itu direkapitulasi kecamatan. Karena TPS (tempat pemungutan suara) banyak, akan dikumpulkan di kecamatan untuk penghitungan suara dan diplenokan. Jadi pleno di kecamatan jadi sentral kita,” kata Nanang di PKOR Wayhalim, Bandarlampung, Jumat (22/3).

Nanang mencontohkan di Natar, Lampung Selatan. Di mana, jumlah TPS sebut saja ada 560 TPS. Belum lagi masing-masing pemilih ada 5 surat suara. Semuanya, harus dihitung dalam waktu singkat.

Baca Juga:   Bravo Lima: Konsolidasi Raperda, Distribusi Berkeadilan

“Disitu, kalau sudah ketahuan penghitungan di kecamatan, artinya pemilu 90 persen selesai. Maka akan kami jaga betul itu. Kami sudah minta koordinasi dengan pihak kepolisian untuk pengamanan disitu,” tandas Nanang. (rma/kyd)




  • Bagikan