Pengusaha Siap Terapkan Harga Singkong Rp900 per Kilogram, Namun….

  • Bagikan
Ketua Forum Komunikasi Pengusaha Tapioka, Widarto. Foto Rimadani Eka Mareta/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Forum Komunikasi Pengusaha Tapioka siap terapkan harga singkong Rp900 per kilogram. Namun, petani juga diminta untuk mencabut hasil panen singkong sesuai usia yang diharapkan.

Hal tersebut agar kadar aci yang diharapkan tercapai. Hal tersebut diungkapkan Ketua Forum Komunikasi Pengusaha Tapioka, Widarto. Pria yang juga menjadi Chairman PT Sungai Budi Group mengatakan, para pengusaha menyambut baik jika harga singkong Rp900 per kg. “Tapi yang penting bersama-sama kawal bisa sama-sama pelaksana jadi kepentingan masyarakat kepentingan pabrik semua bisa terpenuhi. Itu tujuan awalnya,” terangnya.


Namun, persoalannya selama ini di lapangan adalah singkong usia muda sudah di cabut sehingga aci nya kurang maksimal. “Maka Harapan kami (pengusaha) untuk petani supaya bisa cukup umur 9 sampai 10 bulan baru dicabut (panen). Kalau sudah begitu, kami siap beli tanpa ada potongan (rafraksi kadar aci),” terangnya.

Baca Juga:   Harga Pakan Melambung, Peternak Ayam Nglurug ke Pemprov Lampung

Menurutnya, yang diperlukan singkong per kilogramnya ialah Kadar aci 25%. Karena jika singkong muda kadar acinya tidak sampai 25%. Maka itulah terdapat potongannya. “Maka itu, kami minta panen sesuai waktunya, 9 sampai 10 bulan. Kami bisa membayar 0% potongan, asal usia singkong tua. Karena jika singkong muda kadar aci rendah,” jelasnya. (rma/wdi)

 

Berita terkait : Gubernur Lampung Tetapkan Harga Singkong Minimal Rp900 per Kilogram




  • Bagikan