Penilaian IGA 2021, Parosil Presentasikan 269 Inovasi Daerah

  • Bagikan
Bupati Lambar Parosil Mabsus didampingi staf ahli dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah melakukan presentasi terkait inovasi daerah di hadapan tim juri penilaian IGA 2021. Selasa (13/11). FOTO DOKUMEN BALITBANG LAMPUNG BARAT

RADARLAMPUNG.CO.IDBupati Lampung Barat Parosil Mabsus bersama enam gubernur dan lima bupati lainnya mengikuti presentasi kepala daerah inovatif katagori provinsi dan kabupaten, Selasa (23/11).

Ini merupakan tahapan penilaian Innovative Government Award (IGA) yang diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).


Dalam kegiatan yang berlangsung secara virtual meeting itu, Parosil Mabsus mempresentasikan sebanyak 269 inovasi daerah. Jumlah ini lebih banyak dari tahun 2020 lalu, yang hanya 156 inovasi. Saat itu Lambar masuk enam besar kabupaten terinovatif IGA 2020.

Inovasi-inovasi itu terdiri dari 11 inovasi penanganan Covid-19, 23 inovasi pemulihan ekonomi, 26 inovasi jejaring sosial, 27 inovasi tata kelola pemerintahan, 32 inovasi peningkatan Indeks Pembangunan manusia (IPM), 46 inovasi penurunan kemiskinan, 39 inovasi peningkatan infrastruktur dan 67 inovasi sesuai kewenangan daerah.

Baca Juga:   Wali Kota Siapkan SE Larangan Keluar Daerah untuk ASN saat Libur Nataru

”Untuk prioritas inovasi pada tahun 2021 ini adalah penanganan dan pencegahan penularan Covid-19, percepatan pemulihan ekonomi dan jaring pengaman sosial,” beber Parosil Mabsus di hadapan tim juri.

Dijelaskan, inovasi penanganan dan pencegahan Covid-19 meliputi pelopor pemeriksaan PCR untuk kasus Covid-19 waktu dari 15 hari menjadi tiga hari, terintegrasinya seluruh ambulans dengan PSC 119 penanganan tingkat pertama, dan membentuk satgas penanganan bencana serta di tingkat pekon.

”Untuk inovasi pemulihan ekonomi, melakukan pemberian modal usaha dengan pendamping dan tanpa agunan, satu rumah tangga wajib menghasilkan satu komoditas layak jual, pemberdayaan masyarakat sekitar objek wisata dan bantuan peningkatan kemandirian serta daya saing pedagang UMKM,” bebernya.

Baca Juga:   Selamat, Tanggamus Juara Umum MTQ Ke-48 Tingkat Provinsi Lampung





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan